Cara Merekam Layar Komputer PC Melalui VLC Player

Diposting pada

Anda mungkin sudah sangat akrab dengan salah satu media player di komputer PC bernama VLC Player. Software ini memang memiliki pengguna sangat banyak yang menggunakan software ini sebagai pemutar video atau film di perangkat komputer.

Namun siapa sangka, ternyata ada fitur tersembunyi yang disisipkan di media player ini. Fitur itu adalah screen recoding yang dimana ini memungkinkan Anda untuk merekam semua hal yang tampil di layar komputer Anda tanpa harus menggunakan aplikasi atau program screen recording tamabahan.

Bahkan kualitas yang ditampilkan cukup baik dengan berbagai pilihan FPS (Frame Rate Second). Tapi sayangnya fitur ini benar-benar hanya memungkinkan Anda untuk merekam layar tanpa adanya fitur atau fungsi tambahan sesaat dan setelah merekam layar.

Diluar itu, VLC sudah sangat memenuhi kebutuhan ketika Anda hanya ingin merekam layar tanpa secara mendadak atau penting sesegara mungkin. Lebih jelasnya mengenai cara menggunakan VLC ini adalah sebagai berikut:

Download VLC Media Player

Apabila Anda sebelumnya belum memiliki VLC Media Player yang terinstall di komputer pc Anda. Maka Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui tautan berikut ini:

  • https://www.videolan.org/vlc

Cara Merekam Layar PC Anda Menggunakan VLC

  1. Buka VLC Media Player dengan mencarinya di Start Menu.
  2. Klik tab “Media” pada toolbar dan pilih “Convert / Save”.
  3. Alihkan ke tab “Capture Device”. Di sini, ubah pilihan dropdown “Capture mode” ke “Desktop”.
  4. Tetapkan jumlah frame per detik (FPS) pada menu pilihan “Desired frame rate”. Untuk rekaman layar dasar, 15FPS itu sudah cukup baik. Jika Anda membutuhkan rekaman berkualitas tinggi, cobalah 30FPS . Frame rate yang lebih tinggi berarti perekaman yang lebih halus namun ukuran file lebih besar.
  5. Klik tombol “Convert / Save” untuk membuka jendela dialog berikutnya. 
  6. Pilih “Browse” di sebelah pilihan “Destination” dan pilih folder dimana Anda ingin menyimpan rekaman.
  7. Klik “Start” setelah Anda melakukan ini untuk memulai perekaman. VLC akan merekam semua yang tampil di layar. 
  8. Untuk menghentikan perekaman, klik tombol “Stop” pada jendela utama VLC dan secara otomatis akan menyimpan file. Anda akan menemukan file rekaman Anda dalam format MP4 di lokasi yang Anda tentukan sebelumnya.
BACA JUGA  Cara Membuka Peta Tanpa Internet di Windows 10

Itu saja beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat rekaman layar menggunakan VLC. VLC player tidak menawarkan fitur canggih seperti perekam khusus, tapi mudah digunakan dalam keadaan darurat. Selebihnya jika ada yang kurang di mengerti atua mungkin ada masukan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.