Cara Merekam Layar iPhone di iOS 11

Diposting pada

Satu-satunya cara legal untuk merekam layar iPhone adalah menghubungkannya dengan Mac dan menggunakan QuickTime Player untuk merekam layar iPhone. Jika Anda ingin merekam layar iPhone Anda tanpa perangkat eksternal, ada aplikasi tidak resmi yang dapat Anda gunakan, seperti AirShou , namun beberapa aplikasi itu memerlukan instalasi yang rumit. Sekarang, di iOS 11, Apple akhirnya memberikan aplikasi atau fungsi perekaman layar secara langsung dan legal tentunya.

Dengan aplikasi yang disebut dengan  “Screen Recording” di iOS 11, Anda tidak hanya bisa merekam layar iPhone Anda dalam bentuk video. Namun Anda juga bisa merekam audio. Setelah merekam, file akan disimpan ke aplikasi Foto (Photos). Dimana Anda dapat memangkas/cutting atau menghapus rekaman video saat Anda memulai dan menghentikan rekaman.

Selebihnya silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Langkah 1: Menambahkan Shortcut Rekam Layar

Sama seperti fungsi senter/flash di iPhone. Fungsi Rekaman Layar tidak memiliki aplikasi. Hanya opsi kontrol untuk digunakan melalui jendela menu Control Center. Namun fungsi ini tidak diaktifkan secara default. Maka Anda perlu menambahkan fungsi rekam layar ini ke menu Control Center Anda.

Untuk menambahkannya, arahkan ke Setelan/Settings. Lalu ketuk pada “Control Center”. Dari sana, pilih “Customize Controls”, lalu gulir ke bawah dan cari pilihan “Screen Recording” dan sentuh ikon/saklar “+” berwarna hijau di sebelahnya untuk menambahkannya ke Control Center.

Langkah 2: Mulai Merekam Layar iPhone

Setelah menambahkan fungsi ini ke Control Center. Sekarang Anda akan melihat fungsi ikon rekaman layar ini dari control center. Anda cukup menggesek atau slide layar iPhone Anda dari bawah ke atas seperti biasa pada umumnya ketika hendak menampilkan menu control center.

BACA JUGA  Cara Mempercepat Cas Baterai HP Android Dengan Aplikasi

Jika Anda ingin rekaman layar Anda yang memiliki audio, cukup tekan lama atau sentuh dua kali tekanan (Perangkat yang mendukung 3D Touch) pada ikon kontrol rekam layar itu untuk membuka jendela kontrol.

Kemudian ketuk ikon mikrofon di bagian bawah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara sebelum Anda mulai merekam. Anda juga dapat menekan “Start Recording” dari jendela ini untuk mulai merekam.

Tidak peduli bagaimana Anda memulai perekaman layar. Anda akan melihat hitungan mundur tiga detik sebelum perekaman layar benar-benar dimulai. Dimana hitungan ini membantu pengeditan yang kurang dibutuhkan nanti.

Begitu rekaman dimulai, status bar akan berubah menjadi merah dan tetap seperti itu sampai Anda menghentikannya. Bilah merah ini akan muncul di video rekaman Anda di mana pun status bar biasanya terlihat, dan tidak ada cara untuk mematikannya.

Tapi ini adalah tradeoff yang mudah dimaafkan walaupun memang akan ikut terlihat di video Anda nantinya. Jika Anda merekam cuplikan gameplay, bar status merah ini kemungkinan tidak akan ditampilkan, karena kebanyakan game menyembunyikan status bar.

Langkah 3: Mengentikan Perekaman Video

Untuk menghentikan rekaman, Anda dapat menarik kembali Control Center lagi dan tekan ikon Screen Recording atau tekan lama atau Sentuh 3D di atasnya dan tekan “Stop Recording.” Sebagai alternatif, Anda dapat menekan indikator perekaman merah di bilah status, jika Anda melihatnya, lalu ketuk “Berhenti”.

Begitu Anda berhenti merekam, Anda akan mendapatkan notifikasi yang dapat Anda sentuh untuk melihat video dengan cepat di aplikasi Photos. Anda juga bisa langsung masuk ke aplikasi Photos secara langsung untuk menemukan video di album “Camera Roll” dan “Video” Anda.

BACA JUGA  4 Cara Mengatasi Lag Koneksi Ping Game Call of Duty: Mobile

Langkah 4: Edit Video Anda

Di aplikasi Photos, cukup pilih tombol “Edit” di video Anda. Untuk memangkasnya (Cutting), cukup tekan dan tahan salah satu panah hitam di kedua sisi penampil bingkai, dan pindahkan ke dalam. Indikator kuning akan muncul untuk membantu Anda melihat lebih baik. Anda dapat melihat pratinjau video kapan saja dengan mengetuk tombol putar di bagian tengah bawah.

Setelah puas dengan panjang video, ketuk “Done” di kanan bawah dan pilih “Save as New Clip” untuk menyimpannya. Ini tidak akan menimpa klip yang ada, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan rekaman layar aslinya.

Sementara di versi beta, Apple menghapus indikator waktu yang menunjukkan berapa lama Anda telah merekam, karena tidak perlu berakhir di rekaman akhir. Mungkin kita akan melihat beberapa update masa depan untuk fitur perekaman layar ini, seperti kemampuan untuk secara otomatis keluar dari Control Center setelah rekaman layar dimulai.

Mungkin itu saja. Jika Anda masih bingung dengan penulisan artikel ini atau ada hal lain yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.