Cara Merekam Layar HP Android & ios
Cara Merekam Layar HP Android & ios

Cara Merekam Layar HP

Diposting pada

Woiden.com Jika kalian perlu untuk merekam layar di komputer, Windows selalu memiliki Game Bar dan mac OS yang juga memiliki fitur screenshot. Lalu bagaimana dengan cara merekam layar HP?

Google menyertakan sebuah fitur perekam layar di Android 10 beta, tapi sayangnya fitur ini sempat dihapus sebelum rilis. Namun bagusnya, meskipun Android 11 belum tiba, sudah banyak vendor HP yang menyediakan fitur perekam layar atau screen recorder yang bisa kalian gunakan.

Kami akan membagi cara untuk merekam layar di media handphone  menjadi dua bagian utama, yakni untuk Android dan IOS. Perlu kalian tahu, sebenarnya kedua model handphone ini memiliki fitur yang bisa digunakan langsung untuk merekam layar.

Meski begitu, kalian juga bisa mengandalkan kenyamanan menggunakan aplikasi tambahan untuk mempermudah aktifitas kalian, baik untuk hiburan saja, atau yang lebih profesional seperti streaming.

Cara Merekam Layar HP di Android

Menurut https://simpangjalan.com, cara merekam layar HP di Android sendiri, ada tiga cara berbeda yang bisa kalian coba. Mari kita simak dulu cara yang pertama.

Fitur Screen Recorder di Android 10

Nah, metode ini cocok untuk kalian yang mencari cara merekam layar HP tanpa aplikasi. Jika kalian memiliki perangkat Android dari Samsung, LG, atau OnePlus yang dapat menjalankan Android 10, kalian bisa menggunakan fitur ini.

Fitur ini juga bisa dinikmati oleh smartphone lain termasuk :

Samsung

  • Galaxy S10
  • S10e
  • S10 Plus
  • Note 10
  • Note 10 Plus
  • S20

One Plus

  • OnePlus’ 5
  • 5T
  • 6
  • 6T
  • 7
  • 7 Pro, dan
  • 8

LG

  • LG V50
  • V50S
  • V60
  • G7
  • G8, dan
  • G9

Proses perekaman layar sebagian besar sama di seluruh perangkat, dengan beberapa tweak di sana-sini. Kalian tinggal tarik ke bawah pada bagian layar notifikasi di atas, dan cari icon Screen Recorder.

Di sini kalian hanya tinggal mengklik saja ikon perekam layarnya dan memberikan izin pada perangkat kalian untuk mulai merekam layar. Kalian kemudian dapat mulai merekam layar saat itu juga. Ketuk ‘Berhenti’ / ‘Stop’ setelah selesai, lalu simpan video ke galeri handphone.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Kontak Whatsapp yang Online

Perangkat Samsung melangkah lebih jauh dengan memungkinkan kalian merekam audio dari speaker dan mikrofon, apabila kalian menginginkannya. Kalian juga dapat menyalakan kamera depan untuk merecord video wajah kalian secara bersamaan.

Caranya adalah :

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih fitur tingkat lanjut (Advanced Settings)
  3. Pilih Screenshot dan Screen Recorder
  4. Ketuk ‘Pengaturan Screen Recorder’ untuk menyesuaikan beberapa pengaturan, termasuk suara apa yang direkam dan resolusi apa yang ingin kalian rekam (bisa sampai 1080P).

Menggunakan Aplikasi ADV Screen Recorder

Bagi kalian yang tidak memiliki fitur perekaman layar bawaan, ADV Screen Recorder adalah opsi pihak ketiga gratis yang memungkinkan kalian untuk merekam aktivitas apapun di layar smartphone.

Kalian tinggal mengklik icon ‘+’ di layar untuk memunculkan beberapa tombol tambahan yang memungkinkan kalian untuk mengontrol rekaman layar. Perlu diingat bahwa ketika overlay ini terbuka, kalian tidak dapat berinteraksi dengan layar yang lainnya.

Saat membuka bagian tombol ini, kalian akan melihat kontrol untuk mulai merekam, melihat koleksi video, dan fitur menambahkan gambar di video.

Selain itu, Ada banyak aplikasi perekam layar android yang terbaik dan tanpa watermark. Jadi, itu tergantung kepada kenyamanan Anda.

Google Play Games

Opsi ini merupakan pilihan yang menarik untuk siapa saja yang tertarik untuk membuka kanal Youtube Gaming. Jika kalian ingin merekam beberapa gameplay, Google Play Games adalah opsi gratis yang cukup solid.

Meskipun hanya dapat merekam dalam kualitas SD 480P atau HD 720P, aplikasi bawaan ini memungkinkan kalian untuk merekam game apapun dan menambahkan rekaman dari kamera depan smartphone kalian.

Kalian hanya tinggal buka aplikasinya dan pilih game yang sudah  disertakan sebelumnya atau judul yang sebelumnya sudah kalian unduh.

BACA JUGA  Cara Download PPT di SlideShare

Ketuk tombol ‘Record’ di bagian atas halaman detail game, dan dari sini kalian dapat memilih kualitas video. Kemudian, kalian tinggi memilih ‘Launch’ untuk mulai bermain game. Ketuk tombol merah untuk mulai merekam video, dan ketuk lagi untuk stop.

Cara Merekam Layar HP di iPhone

Kalian pun bisa merekam layar di iPhone tanpa memerlukan adanya aplikasi. iPhone sendiri sudah menyediakan fitur Screen Recording yang bisa langsung kalian gunakan. Caranya cukup mudah, yakni :

  1. Buka bagian ‘Settings’, lalu pilih menu ‘Control Center’
  2. Pada bagian bawah ‘More Controls’, kalian bisa menemukan tanda ‘+’
  3. Ketuk dan pindahkan posisinya sesuai keinginan kalian
  4. Pilih ‘Settings’ dan kembali ke menu awal
  5. Setelah itu, kalian akan menemukan icon yang mulai menghitung mundur selama 3 detik, jadi gunakan waktu ini untuk menutup ‘Control Center’
  6. Rekam layar sesuai yang kalian inginkan
  7. Setelah selesai, ketuk indikator berwarna merah untuk berhenti
  8. Konfirmasi jika kamu ingin menghentikan rekaman video, nantinya akan ada tampilan yang menyatakan bahwa video sudah dimasukkan ke galeri

Bagaimana? Cara merekam layar HP cukup mudah, bukan? Sekarang kalian sudah bisa merekam layar untuk membuat sebuah konten yang bisa dinikmati banyak orang. Gunakan sumber daya yang ada secara maksimal untuk memperoleh hasil yang terbaik.

BACA JUGA  4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Jam Tangan Berkualitas