Salah satu fitur yang cukup sering digunakan di dalam aplikasi berbagi foto dan video instagram adalah fitur Direct Message atau biasanya disingka dengan DM. Fitur DM ini memungkinkan setiap pengguna untuk dapat saling mengirimkan pesan atau respon postingan satu sama lain.

Fitur DM ini juga memungkinkan digunakan untuk saling melakukan percakapan text atau chat. Meskipun fitur ini sudah memiliki fitur yang cukup baik untuk saling mengirim pesan, tidak membuat dm menjadi bahan prioritas untuk saling berkomunikasi pesan. Berdasarkan data pengguna instagram, fitur DM lebih cenderung digunakan untuk respon kiriman foto atau video sesama pengguna instagram.

Tidak ada alasan yang jelas untuk itu, namun kemungkinan karena masih banyaknya batasan fungsi dari fitur dm itu sendiri. Misalnya batasan untuk kiriman foto/video melalui dm yang hanya dapat dilihat beberapa kali saja, setelah itu media tersebut tidak dapat ditampilkan kembali dan beberapa kekurangan lainnya.

Pada dasarnya tidak ada kesalahan secara teknis dan konsep yang digunakan dalam aplikasi instagram, hanya saja ada beberapa pengguna yang mengaku risih dengan adanya kehadiran fungsi indikasi “sedang dalam penulisan” atau “typing”. Indikator ini akan muncul ketika kita sedang mengetikkan atau mengarahkan cursor ke kolom pesan saat membaca dm. Alasanya cukup beragam, beberapa orang mungkin ingin membaca pesan tanpa harus diketahui bahwa mereka sedang aktif.

Namun diluar dari apapun alasan itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghilangkan fungsi typing dalam fitur DM instagram terkhusus pada perangkat iPhone. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Cara Menghilangkan Indikator “Typing” Dalam Direct Message Instagram iOS

Untuk melakukan penerapan seperti yang dijelaskan pada paragraf pembuka diatas, Anda harus mendownload dan install TweakBox. Jadi cukup arahkan ke tautan dibawah ini langsung dari Safari Browser iPhone Anda:

  • www.tweakboxapp.com

Setelah berada dalam halaman situs tweakbox, silahkan Ketuk tombol “Download App” ditengah layar. Tunggu hingga proses unduhan selesai, kemudian ketuk hasil unduhan yang terlihat di notifikasi bar. Selanjutnya lakukan instalasi dengan mengetuk tombol “Install” (Anda mungkin diminta untuk memasukkan passcode iphone Anda sebelum dapat menginstall aplikasi).

Setelah terinstall, silahkan Anda jalankan aplikasi TweakBox di iPhone Anda. Setelah aplikasi terbuka, alihkan ke Tab/Jendela “Apps”. Selanjutnya cari dan pilih kategori “Tweaked Apps”. Gulir layar kebawah hingga Anda melihat daftar aplikasi “Instagram Rocket”. Kemudian Install aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi Instagram Rocket terinstall, Anda cukup menjalankan aplikasi Instagram Anda, kemudian alihkan ke jendela profil instagram Anda. Lalu ketuk ikon tiga titik … dipojok kanan atas layar. Selanjutnya pilih menu “Rocket” dari menu popup yang muncul.

Dari dalam menu Setelan Rocket, gulir kebawah kemudian pilih “Messages Options” -> Aktifkan menu saklar “Prevent Typing Notification” tepatnya dibagian menu “Privacy”. Setelah teman Anda tidak akan melihat lagi indikator typing ketika Anda membaca atau menulis pesan DM.