Beberapa waktu lalu iOS 13 telah dirilis dengan berbagai fitur baru yang ditambahkan didalamanya. Sebut saja seperti fitur dark mode, optimasi baterai, dan banyak lainnya. Selain dari penambahan beberapa fitur, ternyata ada pula perubahaan akses menu pilihan. Sehingga ini cukup membingungkan beberapa pengguna lawas.

Meskipun memang perubahaan ini didasarkan untuk efisiensi akses menu. Salah satu perubahaan yang terjadi adalah fitur menyembunyikan foto atau Photos di iphone atau ipad dengan system operasi ios 13 ini.

Meskipun Anda belum melakukan pembaharuan, langkah penerapannya nyaris serupa. Sehingga mungkin tidak begitu dampak, ketika Anda memang benar-benar berusaha mencarinya. Fitur Hide atau menyembunyikan foto atau video dalam aplikasi photos bukanlah hal yang baru. Fitur ini sudah disematkan sejak beberapa waktu pembaharuan versi sebelum-sebelumnya. Sehingga tidak cukup istimewa ketika ios 13 telah dirilis.

Paling mengesankan dari fitur ini adalah menjaga privasi oleh setiap penggunanya. Sehingga setiap pengguna iphone bahkan tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, selayaknya pada perangkat Android. Hanya saja fungsi penyembunyian yang dilakukan, terbilang sangat sederhana. Tidak benar-benar disembunyikan sampai seseorang tidak dapat menemukannya. Fitur ini hanya menyembunyikan dari tampilan utama aplikasi photos yang ada. Namun ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar pengguna iphone.

Lalu bagaimana cara mulai menyembunyikan foto pada perangkat iphone? Cukup mudah ikuti langkah dibawah ini:

Cara Sembunyikan Foto & Video Dalam Aplikasi Photos iPhone

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Photos di daftar aplikasi iphone Anda.

  1. Cari foto atau video yang ingin Anda sembunyikan dan tampilkan.
  2. Setelah foto atau video ditampil dilayar. Ketuk ikon “Share” dipojok bawah kanan layar iphone Anda.
  3. Beberapa menu popup muncul. Gulir kebawah sampai Anda menemukan pilihan “Hide”.
  4. Ketuk menu “Hide” ini untuk mulai menyembunyikan foto atau video tersebut.
  5. Layar konfirmasi akan muncul yang meyakinkan Anda untuk menyembunyikan, ketuk “Hide…..Photos ” sekali lagi.

Anda mungkin memiliki beberapa foto atau video sekaligus yang ingin Anda sembunyikan. Maka dengan menggunakan langkah diatas mungkin terkesan merepotkan. Sebab Anda harus melakukan pratinjau satu persatu gambar yang dituju. Nah jika Anda memiliki lebih dari banyak koleksi yang ingin Anda sembunyikan.

Maka setelah Anda mengakses tab pertama aplikasi “Photos”. Ketuk menu pilihan “Select” yang berada di pojok kanan atas layar iphone Anda. Setelah itu, pilih beberapa foto atau video yang ingin Anda sembunyikan.

Setelah memilih beberapa foto atau video yang ingin disembunyikan. Ketuk ikon atau tombol “Share” yang berada di pojok kiri bawah layar iphone Anda.

Gulir kebawah sampai Anda menemukan menu “Hide”, dan ketuk sekali lagi pada pilihan konfirmasi yang muncul di layar iphone Anda.

Cara Mengembalikan Foto & Video Yang Tersembunyi Di iPhone

Setelah sekian lama Anda menyembunyikan foto atau video yang berada di iphone Anda. Mungkin Anda sudah menetapkan untuk saatnya mencari kembali file tersebut dan mengembalikannya seperti semula dengan menampilkannya di aplikasi utama photos.

Foto yang Anda sembunyikan tidak benar-benar hilang. Hanya saja berpindah folder dari utama ke folder atau album “Hidden”. Untuk melihat semua file foto video yang telah Anda sembunyikan itu sangat mudah.

  1. Caranya akses aplikasi “Photos”.
  2. Arahkan ke Tab “Albums”.
  3. Gulir kebawah sampai Anda menemukan Album “Hidden” dibawah bagian “Other Albums”.

Dari dalam album ini tertera semua foto atau video yang sedang Anda sembunyikan. Untuk mengembalikannya seperti semula atau memindahkan ke album utama photos Anda. Silahkan ikuti langkah yang sama pada penerapan diatas. Hanya saja menu pilihan akan berubah nama menjadi “Unhide” untuk mengembalikan ketersembunyian file tersebut.

Cukup mudah untuk mulai menyembunyikan foto atau video di iphone. Hanya saja jika seseorang yang cukup mengerti akan iphone. Ini seperti tidak akan berperan baik. Terlebih jika Anda mungkin ingin menyembunyikan video mesum di perangkat Anda. Maka penerapan ini sangat tidak disarankan untuk itu.