Cara Menyembunyikan Akun Administrator Windows 7

Diposting pada

Ada banyak tujuan dimana seseorang ingin menyembunyikan akun administrator perangkat mereka agar tidak diketahui oleh orang yang mengakses komputer mereka. Ini juga salah satu tindakan antisipatif agar perangkat tidak serta merta diakses secara sepihak oleh orang yang tidak dikehendaki.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk melihat akun admin di windows itu  sangat mudah. Secara default windows menerapkan lokasi system C:\ dengan awalan Username dari akun admin. Ini tentu sangat mudah terlihat. Namun apapun alasan itu, Anda dapat dengan mudah untuk menyembunyikan akun admin di windows 7 tersebut Anda agar tidak nampak secara gamlang.

Pada langkah penerapan ini Anda tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan apapun, yang Anda butuhkan hanyalah fungsional file bat yang dapat Anda buat dari aplikasi notepad di windows. Lebih detailnya mengenai bagaimana langkah-langkah penerapannya bisa Anda lihat pada uraian singkat dibawah ini:

Langkah 1: Jalankan Notepad

Pertama buka jendela notepad melalui daftar aplikasi di “Start Menu” -> “All Programs” -> “Accessories” -> “Notepad” atau dengan mengetikan di menu penelusuran. Setelah jendela notepad terbuka, salin kode dibawah ini ke jendela notepad

@echo off
net user hidden password kampret /add
net local group Administrators Kambing /add

Sesuaikan kata berwarna merah diatas, sesuai dengan password dan akun pilihan yang Anda inginkan tampilkan sebagai pengganti penampil dari akun admin.

Langkah 2: Simpan dalam Format .Bat

Setelah Anda, menyalin dan menyesuaikan script diatas. Silahkan menyimpan file dengan format bat, misalnya dengan nama “kampret.bat”, “hidden.bat” atau apapun itu dengan mengakhiri nama file dengan akhiran .bar

Untuk menyimpan ini, Anda harus menyimpan sebagai file dengan cara mengarahkan ke menu “File” -> “Save As…” -> Pada bagian “File Name” tuliskan nama file dengan akhiran .bat

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Remote Desktop di Windows Vista, 7, 8, dan 10

Langkah 3: Jalankan File .Bat

Setelah file bat berhasil dibuat, jalankan filenya dari lokasi folder yang Anda tempatkan. Cukup dengna mengetuk dua kali file untuk membukanya atau dengan klik kanan file kemudian pilih “Run As Administrator”.

Fungsi ini akan menyembunyikan username administrator yang ada menjadi sesuai yang Anda tentukan dalam file tersebut. Penerapan ini bahkan sangat mudah dan bisa Anda lakukan di komputer windows 7 manapun.

Anda juga dapat menyalin file bat tersebut melalui flashdisk atau external drive lainnya yang mungkin ingin Anda terapkan juga di perangkat komputer lainnya. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.