Berkaitan dengan artikel woiden sebelumnya yaitu cara upgrade os Samsung Galaxy Note 8 menjadi Android 8.0 Oreo. Dimana pada artikel woiden itu, menjelaskan bagaimana sebagai pengguna bisa meningkatkan Android yang digunakan, walaupun masih dalam versi beta saat artikel ini diterbitkan.

Melihat dari beberapa contoh kasus setelah penerapan artikel sebelumnya, terdapat beberapa masalah atau ketidakstabilan sistem operasi yang diinstall. Beberapa ketidakstabilan itu justru memperparah keadaan seperti tidak berfungsinya beberapa fitur unggulan dari Samsung note 8 dan beberapa fitur penting lainnya.

Maka dari itu, artikel ini akan mencoba menguraikan beberapa masalah umum yang dialami ketika melakukan upgrade os ke 8.0 oreo di Samsung note 8 beserta solusi yang tepat untuk mengatasinya. Selebihnya, silahkan menyimak penerapan dibawah:

Fungsi Zoom Kamera Tidak Berfungsi

Sejauh ini bug terbesar di update Galaxy Note 8 Oreo adalah tidak berfungsinya zoom di aplikasi Camera. Fitur zoom tidak sepenuhnya rusak, namun terkadang berfungsi dan tidak, namun itu terjadi acak. Woiden telah memperhatikan hal ini paling sering terjadi saat beralih bolak-balik antara tab mode landscape dan macro.

Pada gambar kunci, Anda bisa melihat kekurangan zoom saat menggunakan tombol “zoom x2”. Namun beberapa pengguna mengatakan bahwa fungsi zoom dapat berfungsi dengan baik diperangkat mereka. Itu berarti kesalahan ini tergantung situasi dan keadaan dari perangkat Anda.

Beberapa Aplikasi Tidak Dapat Dijalankan

Meskipun bukan bug, Android 8.0 Oreo ini membuat Galaxy Note 8 Anda menerapkan status “Uncertified” di Play Store karena tidak melewati pemeriksaan SafetyNet . Ini adalah berita buruk bagi pengguna aplikasi yang meminta API SafetyNet milik Google untuk memeriksa firmware resmi.

Gagasan di balik SafetyNet adalah melindungi data aplikasi sensitif pada perangkat yang dikompromikan. Setiap smartphone Android yang telah di root atau dimodifikasi akan gagal dalam pemeriksaan SafetyNet. Mengingat bahwa CLQ1 Oreo yang dibuat untuk Galaxy Note 8 adalah hasil file yang modifikasi, masuk akal jika gagal dalam pemeriksaan SafetyNet.

Ini relatif mudah untuk menentukan apakah perangkat Anda “Certified” atau “Uncertified” di Play Store. Arahkan ke Google Play Store dan buka menu slide-out di kiri atas. Gulir ke bawah dan ketuk pada “Settings”. Selanjutnya, gulir ke bawah ke “Device certification” di mana Anda akan melihat status smartphone Anda.

Jika perangkat Anda “Uncertified”, seperti Galaxy Note 8 yang menjalankan Oreo, Anda tidak dapat menjalankan aplikasi tertentu. Aplikasi yang paling penting terkena dampak adalah Android Pay, aplikasi perbankan, dan Netflix.

Kesalahan Fungsi Bawaan Smartphone

Selain dua kelemahan utama di atas, ada beberapa gangguan kecil yang harus diperhatikan. Gear VR nampaknya akan mengalami error karena hampir semua orang menggunakan Galaxy Note 8 Oreo Beta mengakui hal ini. Kesalahan ini berdampak pada sejumlah kecil pengguna, namun ini adalah sesuatu yang perlu dicatat.

Saat pertama kali menginstal beta, diperlukan pengaturan ulang pabrik untuk memasangkan Samsung Frontier Gear S3 di Samsung Galaxy Note 8 Anda. Sementara pengguna lain mengatakan tingkat keberhasilan yang berbeda dengan aplikasi Gear, sebaiknya atur ulang reset pabrik untuk memasang kembali.

Keseluruhan stabilitas dan kelancaran relatif baik untuk versi beta. Ada sedikit masukan lag, dan scrolling melalui UI dan alikasi. Salah satu area lag yang mencolok adalah Bixby Home . Mengayunkan dari sebelah kiri home screen Anda akan memperlihatkan Bixby Home, namun prosesnya memakan waktu lama. Suara Bixby nampaknya tidak terpengaruh oleh masalah ini dan sangat responsif terhadap perintah suara.

Beberapa aplikasi pihak ketiga terkadang tertutup secara tiba-tiba. Woiden telah memperhatikannya dimana aplikasi seperti Instagram dan Snapchat lebih sering mengalami ini daripada aplikasi yang lainnya.

Daya Baterai Lebih Cepat Terkuras

Saat menginstal pembaruan perangkat lunak utama, masa pakai baterai yang lebih baik adalah salah satu hal pertama yang dicari pengguna. Di sisi lain, ketidakstabilan dalam beta builds kadang-kadang dapat mengurangi masa pakai baterai.

Beberapa rangkuman saat menjalankan Nougat, rata-rata sekitar 5,5 jam waktu menonton youtube di Galaxy Note 8. Dalam tiga siklus pengisian penuh sejak menginstal pembaruan Oreo, rata-rata waktu menonton sekitar atau kurang dari 4 jam.

Tentu saja, daya tahan baterai sangat subjektif dan sangat tergantung pada pengguna. Jumlah ini diperoleh dengan waktu kerja sekitar 18 jam, dengan 12 jam di Wi-Fi dan 6 jam di LTE.

Kesimpulan

Semua, pertanyaan apakah Anda harus menginstal Galaxy Note 8 Anda menjadi OS Android 8.0 Oreo beta bergantung pada aplikasi yang Anda gunakan dan toleransi Anda terhadap beberapa bug. Jika Anda mengandalkan Android Pay atau streaming Netflix atau aplikasi resmi lainnya, mungkin bukan Android 8.0 Beta bukanlah hal yang baik untuk Anda.