Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Diposting pada

Tidak ada pilihan untuk mematikan Pembaruan Windows menggunakan aplikasi Control Panel atau Settings di Windows 10. Dan itu masih sama seperti dulu dengan versi Windows sebelumnya. Tapi ada solusi untuk menonaktifkan atau mematikan Windows Update di Windows 10, yang akan diuraikan di artikel kali ini.

Pertama, mari kita lihat mengapa orang mungkin ingin mematikan pembaruan Windows.

Di Windows 8.1 dan versi sebelumnya, saat mengupdate Windows Update Anda akan diberikan pilihan untuk:

Pilihan Windows Update di Windows 8.1

  1. Instal pembaruan secara otomatis (Disarankan)
  2. Download Pembaharuan tapi dapat memilih kapan harus menginstalnya
  3. Periksa pembaruan tapi biarkan saya memilih untuk mendownload dan menginstalnya
  4. Jangan pernah memeriksa pembaruan (Tidak disarankan)

Pilihan ini menyediakan cara untuk menunda pembaruan sampai Anda memiliki cukup waktu untuk mendownload dan menginstalnya atau mendownloadnya secara otomatis dan kemudian menginstalnya pada saat Anda inginkan. Pilihan ini tidak ada di Windows 10 Update & Security Settings .

Microsoft telah menjelaskan bahwa ini akan memberikan pembaruan dalam dua metode berbeda untuk dua jenis pengguna yang berbeda.

Home User

Pertama adalah “home users” yang tidak memiliki pilihan untuk menunda peningkatan versi. Pembaruan akan mendownload dan menginstal bahkan jika mereka mengerjakan sesuatu, sehingga memperlambat komputer dalam beberapa kasus tertentu.

Namun PC akan restart hanya jika Anda tidak melakukan apapun atau akan restart pada waktu yang dijadwalkan, jika Anda telah mengaturnya. Bila diperlukan untuk reboot, pengguna mungkin harus menyelamatkan yang tengah dikerjakan dan kemudian melakukan reboot sebelum kembali ke pekerjaan yang sedang dia lakukan.

Tentu saja, Windows 10 akan membiarkan Anda menunda restart, tapi itu tidak cukup karena download di latar belakang mungkin memperlambat kegiatan Anda dalam beberapa kasus.

BACA JUGA  Cara Menghapus File Hiberfil.sys di Windows

Enterprise User

Jenis pengguna lainnya adalah “enterprises users”  yang akan memiliki opsi untuk menunda pembaruan, sehingga mereka dapat menahannya pada saat mereka bebas menentukan kehendak sendiri.

Microsoft mengatakan akan mendorong update pengguna itu lebih jarang. Jenis OS Ini biasanya adalah korporat/perusahaan dan pengguna real-time seperti rumah sakit, ATM dll.

Kembali ke jenis home users dan enterprises users, bahkan tidak ada pilihan untuk menunda pembaruan. Mereka akan diunduh segera setelah tersedia. Ketersediaan Windows Update untuk pengguna normal berarti update telah diuji oleh Windows Insiders.

Jika Anda menggunakan Windows Insider, menjalankan Windows 10 Home atau Pro, Anda akan mendapat prioritas pertama untuk menerima pembaruan. Setelah beberapa hari Anda menguji pembaruan dan jika tidak menimbulkan masalah, maka akan dilepaskan ke pengguna normal.

Jadi, Anda terjebak. Windows 10 akan terus mendownload update segera setelah tersedia dan akan mengisi sumber daya komputer Anda, bila Anda mungkin tidak menginginkannya juga. Beberapa dari kita akan ingin agar unduhan otomatis dihentikan agar kita dapat menginstal pembaruan secara manual.

Bila kita tidak mengerjakan sesuatu yang mendesak. Artinya, beberapa pengguna menginginkan kebebasan dan opsi untuk mendownload dan menginstal pembaruan saat mereka mau dan tidak saat Microsoft menyediakannya.

Karena tidak ada pilihan untuk mematikan pembaruan Windows dari Control Panel atau PC Settings, berikut adalah solusinya:

Menonaktifkan Windows Updates di Windows 10

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Windows Update service. Melalui Control Panel -> Administrative Tools, Anda bisa mengakses Services. Di jendela Services , gulir ke bawah ke Windows Update dan matikan prosesnya. Untuk mematikannya, klik kanan pada process, klik Properties dan pilih Disabled. Itu akan mengurus Windows Updates yang tidak terinstal di komputer Anda.

BACA JUGA  Cara Menghapus File Otomatis di Folder Download Windows

Tapi karena Windows adalah Layanan sekarang dan seterusnya, Anda harus terus memperbarui komputer Anda. Agar bisa menginstal set fitur berikutnya atau build yang lebih baru, Anda memerlukan update sebelumnya untuk diinstal. Itu sebabnya jika Anda menggunakan solusi di atas, Anda harus mengarahkan ke Services dan menyalakannya sesekali untuk mendownload dan memperbarui salinan Windows Anda.

Setelah Anda mengaktifkan Windows Update Service, saat Anda membuka Windows Update di PC Settings, Anda akan melihat pesan bahwa pembaruan tidak diinstal karena komputer dihentikan. Anda harus mengklik “Retry” agar semua pembaruan yang tersedia didownload dan diinstal.

Ini mungkin memerlukan dua atau tiga “Check for Updates”. Anda harus terus mengklik “Check for updates” sampai komputer Anda diperbarui. Kemudian Anda bisa kembali dan mematikan layanan Pembaruan Windows sampai lain kali Anda merasa cukup bebas untuk menghabiskan waktu memperbarui salinan Windows 10 Anda.

Jika versi Windows 10 Anda memiliki Group Policy , Anda juga dapat mengubah beberapa pengaturan menggunakan Group Policy Editor. Jalankan gpedit dan arahkan ke pengaturan kebijakan berikut:

  • Computer Configuration -> Administrative Templates -> windows Component -> Windows Update.

Di sisi kanan, klik dua kali pada Configure Automatic Updates dan ubah pengaturannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak dianjurkan agar Anda menonaktifkan Pembaruan Windows otomatis di Windows 10. Jika komputer Anda baik-baik saja dengan unduhan di latar belakang dan tidak memengaruhi pekerjaan Anda, tidak disarankan untuk melakukannya. Tapi jika Anda menghadapi masalah di komputer karena download update ini dan pemasangan di latar belakang, tip di atas untuk mematikan update Windows di Windows 10 akan bisa membantu.

Mengatur koneksi jaringan Anda ke “Metered”, bisa juga menghentikan Windows 10 dari mendownload Updates secara otomatis. Anda dapat melakukannya sebagai berikut:

  • Settings -> Network & Internet -> WiFi -> Advanced options.
BACA JUGA  Cara Screenshot Layar di Windows 10

Gerakkan slider ke posisi On untuk pilihan “Set as metered connection.

Kesimpulan

Kebetulan, Microsoft telah merilis sebuah alat bernama Show or Hide Updates  yang memungkinkan pengguna menyembunyikan atau memblokir Windows Updates yang tidak diinginkan pada Windows 10 . Dengan menggunakannya, Anda dapat menghentikan Windows 10 untuk mendownload pembaruan tertentu.