Saat ini ketika Anda menerima foto atau video dari kontak whatsapp, biasanya file tersebut akan tersimpan otomatis di penyimpanan smartphone kita. Fungsi ini cukup baik untuk meminimalkan penggunaan data internet dari aplikasi, sehingga aplikasi tidak memuat ulang file media ketika hendak ditampilkan kembali.

Namun akhirnya beberapa fitur percobaan telah dirilis oleh WhatsApp secara beta atau percobaan. Salah satunya fitur yang memungkinkan untuk menonaktifkan atau menyembunyikan file video atau foto untuk tersimpan otomatis di penyimpanan smartphone.

Meskipun file media tersebut tidak tersimpan di penyimpanan memory smartphone, namun foto atau video yang Anda terima di aplikasi masih akan tetap dapat ditampilkan seperti biasa. Fitur ini dapat dengan mudah Anda coba dengan bergabung sebagai pengguna WhatsApp Beta di Google Play Store. Lebih jelasnya seperti pada langkah dibawah ini:

Opsi Pertama: Menyembunyikan Semua Foto dan Video Dari WhatsApp

Jika Anda ingin menyembunyikan gambar/foto dan video agar tidak tampil secara default di penyimpanan gallery smartphone Anda. Maka Anda cukup mengaktifkan dari menu setelan Whatsapp beta. Caranya masuk ke Aplikasi WA Anda kemudian alihkan ke menu “Settings” lalu pilih “Chats”. Dari sini hilangkan centang untuk pilihan “Show media in gallery” tepatnya dibagian “Media visibility”.

Opsi Kedua: Menyembunyikan Foto dan Video Per-Kontak Chat

Apabila Anda tidak ingin menerapkan pada semua kontak chat Anda untuk tidak terlihat di gallery smartphone Anda. MAka Anda bisa menonaktifkan penyimpanan otomatis untuk kontak chat tertentu di WhatsApp Anda. Caranya buka aplikasi Whatsapp, kemudian alihkan ke tab Chat kontak yang Anda inginkan, lalu ketuk nama kontak yang dituju.

Kemudian pilih “Media visibility”. Dari sini, Anda bisa memilih secara default, no atau yes. Secara bawaan aplikasi tidak akan menyimpan gambar secara otomatis untuk aplikasi beta, namun Anda bisa tetap mengaktifkannya dari tab menu ini.

Demikian singkatnya mengenai cara menyembunyikan foto, gambar dan video di penyimanan gallery smartphone secara otomatis tanpa menggunakan aplikasi atau modifikasi aplikasi apapun. Apabila ada yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.