Semua smartphone tidak terkecuali handphone biasa sekalipun, itu sudah dilengkapi dengan fitur getar. Fitur ini biasanya berfungsi sebagai pengingat atau notifikasi dari handphone tersebut. Termasuk alternatif yang bisa diaktifkan ketika hendak menonaktifkan fitur suara dihandphone dalam kondisi tertentu.

Fungsi getar biasanya aktif ketika handphone sedang dalam panggilan telepon, notifikasi aplikasi, alarm, dan banyak lagi kegunaan lainnya. Namun apakah Anda ketahui bahwa pada kenyataanya fitur getar ini dapat dinonaktifkan.

Dalam hal ini termasuk meredupkan semua fungsi getar selayaknya sedang tidak berfungsi atau rusak. Paling baiknya lagi, fungsi ini dapat dinonaktifkan langsung dari perangkat smartphone tanpa harus menginstall aplikasi tambahan ataupun melakukan rooting apapun.

Melalui pengaturan bawaan dari smartphone, Anda dapat langsung menonaktifkan semua fungsi getar yang ada di smartphone Anda. Terkhusus pada perangkat dengan operating system android, bisa Anda lihat pada langkah-langkah ringkas dibawah ini:

Cara Mematikan Semua Fitur Getaran Di HP Android

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pada dasarnya Anda dapat menonaktfikan semua fungsi yang akan mengaktifkan fitur getar di smartphone Anda. Tidak peduli apa alasan Anda, namun hal ini benar-benar bisa Anda terapkan dengan mudah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan ke jendela “Settings” atau “Pengaturan” di smartphone Anda. Selanjutnya gulir kebawah sampai Anda menemukan pilihan “Suara & Getaran” atau “Sound & Vibration”.

fitur getar hp android - woiden

Nah dari jendela ini Anda bisa mengarahkan layar handphone Anda kebawah sampai menemukan menu pilihan Getar. Tersedia beberapa fitur untuk menonaktifkan getar. Seperti menonaktifkan getar saat ada panggilan suara, menonaktifkan getar saat mode hening, dan menonaktifkan getar saat disentuh.

Diluar itu untuk fitur getar yang ada dalam aplikasi alarm. Anda bisa menonaktifkan fitur getar alarm tersebut melalui pengaturan langsung dari aplikasi alarm tersebut.

Kesimpulan

Cukup mudah untuk menonaktifkan fitur ini yang pada kenyataannya Anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan atau melakukan rooting di smartphone Anda hanya untuk keperluan sederhana seperti ini. Mungkin demikian artikel kali ini, jika ada perbedaan jendela pengaturan disetiap smartphone android, mungkin bisa saja terjadi. Namun kurang lebih langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.