Cara Menonaktifkan Download Gambar dan Video Otomatis di WhatsApp

Diposting pada

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan berbasis internet yang tersedia secara gratis. Aplikasi ini dapat mengirim pesan menggunakan jaringan internet entah itu menggunakan wifi atau data sululer.

Namun diluar kegunaannya yang sangat bermanfaat, ada fungsi yang cukup menguras banyak kapasitas memori saat digunakan jangka panjang. Fungsi itu dimana aplikasi WhatsApp akan menyimpan file media apapun seperti video atau gambar yang Anda terima di penyimpanan memori smartphone Anda.

Itu cukup baik jika suatu saat Anda hendak melihatnya kembali, namun seiring waktu folder media whatsapp itu akan menumpuk di gallery smartphone Anda. Menyatu dengan semua media yang tidak Anda butuhkan sama sekali.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda nonaktifkan saja fungsi download otomatis file media WhatsApp ini untuk meminimalkan kapasitas memori Anda. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menerapkan pengaturan itu melalui menu yang ada dalam pengaturan aplikasi itu sendiri tanpa harus melakukan rooting sama sekali.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana Anda dapat mengakses dan mengubah pilihan download otomatis WhatsApps.

Nonaktifkan Fungsi Unduh Otomatis WhatsApp

WhatsApp selalu menawarkan pilihan untuk mencegah download foto dan video secara otomatis, tapi tidak di menu yang sama seperti awal aplikasi ini.

Untuk mengakses opsi ini sekarang buka aplikasi WhatsApp Anda.

  • Android: ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih Settings -> Data Usage.
  • iOS: ketuk ikon roda gigi (Settings) di bawah layar menu, lalu pilih Chats -> Hilangkan Centang “Save to Camera Roll”

Sekarang Anda akan melihat opsi yang dibawah pilihan “Media auto-download:”. Anda dapat memilih When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming.

  • When using mobile data (Otomatis unduh ketika menggunakan data seluler)
  • When connected on Wi-Fi (Otomatis unduh ketika terhubung dengan Wi-Fi)
  • When roaming (Otomatis unduh ketika menggunakan jaringan roaming)
BACA JUGA  Cara bermain AOV di PC

Ketuk masing-masing opsi ini pada gilirannya dan centang atau hapus centang pada kotak di samping Foto, Audio, Video dan Dokumen. Setelah itu, tekan OK.

Diwaktu yang akan datang, Anda tidak akan menemukan lagi fungsi ini berjalan tidak sesuai kehendak Anda. Sebab semua pengaturan telah Anda sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda sendiri.

Selebihnya jika Anda yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan dalam konteks artikel ini, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.