Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam Laptop

Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam Laptop

Diposting pada

Pada postingan kali ini, Woiden.com akan memberikan cara mudah untuk kamu yang memiliki webcam laptop ataupun komputer/PC yang kurang bagus atau tidak berfungsi dengan bagus. Tentunya ini akan sangat berguna untuk kamu yang sedang bekerja ataupun belajar dari rumah.

Di era teknologi yang semakin canggih saat ini, tidak bisa dibantah lagi bila segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Bahkan fungsi utama dari handphone yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dan saling berbagi pesan dengan sebutan SMS, kini sudah berkembang dengan segala kelebihannya dan lebih umum dengan sebutan smartphone.

Smartphone menyajikan berbagai fitur dengan fungsinya yang masing-masing bisa memudahkan bahkan menggantikan fungsi dari elektronik lainnya. Seperti halnya saat webcam laptop kita tidak bagus atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali, smartphone bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

Kamera yang ada pada smartphone bisa kamu gunakan untuk menjadi alternatif sebagai webcam laptop ataupun komputer/PC kamu. Sehingga kamu tidak perlu membeli kamera webcam sebagai tambahan untuk mengaktifkannya dan hanya membutuhkan aplikasi yang bisa kamu unduh di toko aplikasi.

Droidcam adalah aplikasi yang bisa menyambungkan kamera smartphone dengan webcam laptop ataupun komputer kamu. Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan tentunya bisa diunduh secara gratis. Lalu, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Simak baik-baik ya.

Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam Laptop

Langkah pertama kamu download di playstore aplikasi Droidcam di smartphone kamu.

Droidcam aplikasi playstore

Kemudian kamu download dan install  juga aplikasi Droidcam di Laptop atau PC kamu, kamu bisa kunjungin situs ini dev47apps.com/droidcam/windows

Aplikasi Droidcam PC

Setelah berhasil di install pastikan koneksi Wifi Laptop dan Smartphone kamu sama atau dalam satu jaringan.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Microsoft Authenticator

cara kamera hp menjadi webcam laptop

Langkah berikutnya kamu buka aplikasi Droidcam yang ada di smartphone kamu, kemudian kamu ingat atau catat “Wifi IP” yang muncul seperti gambar dibawah ini.

kamera smartphone jadi webcam

Kemudian kamu buka aplikasi Droidcam yang sudah kamu install tadi di laptop kamu, isikan pada kolom “Device IP” dengan Wifi IP yang muncul di smartphone kamu tadi, setelah itu kamu klik tombol “Start

 	kamera hp untuk webcam pc

Selesai, kamera smartphone kamu akan otomatis menjadi webcam laptop kamu.

Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam Laptop

Itulah Cara Menjadikan Kamera Smartphone Sebagai Webcam Laptop dengan menggunakan aplikasi Droidcam. Sangat mudah dan sangat bagus karena dengan mengguanakan smartphone sebagai webcam hasil kameranyapun cukup bersih dan jernish. Selamat mencoba.