Di era teknologi ini, smartphone memiliki sebagian peran penting untuk menunjang kemudahan dalam berkomunikasi ataupun lainnya. Bahkan, selain untuk alat komunikasi nyatanya smartphone bisa menggantikan fungsi alat teknologi lainnya, misalnya berganti fungsi sebagai mouse untuk komputer, sebagai remote tv hingga sebagai microphone eksternal.

Ya, kamu bisa gunakan smartphone yang kamu miliki sebagai microphone eksternal seperti yang akan Woiden.com bahas kali ini. Dan untuk kamu yang memiliki hobi menyanyi tidak perlu lagi memberli microphone saat ingin berkaraoke di rumah.

Seperti yang kita tahu martphone saat ini memiliki berbagai fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah aktifitas ataupun sekedar mencari hiburan diwaktu senggang. Dengan bermacam aplikasi yang ditawarkan, kita bisa memilih beberapa diantaranya sesuai dengan kebutuhan. Kamu hanya perlu mencari dan temukan aplikasinya di playstore untuk pengguna android.

Dan untuk aplikasi yang bissa mengalihfungsikan  android kamu sebagai microphone eksternal pun bisa dengan mudah dan gratis di playstore. Sedikit tambahan, microphone merupakan alat pengeras suara yang biasa digunakan saat karaoke ataupun kegiatan lainnya guna menambah volume suara kita.

Aplikasi Wo Mic App adalah salah satu aplikasi yang bisa mengubah smartphone menjadi microphone eksternal. Lalu, bagaimana caranya? Ikuti panduang yang ada dibawah ini.

Menjadikan Android Sebagai Microphone Eksernal

Langkah pertama kamu download aplikasi Wo Mic di Playstore.

menjadikan android sebagai mic

Kamu juga harus download dan Install “Wo Mic Client” beserta “Driver” yang bisa kamu cari di google.

cara menjadikan android sebagai microphone

Setelah berhasil di install keduanya, buka aplikasi Wo Mic di Smartphone android kamu dan pilih “Icon Setting” di pojok kanan atas, seperti gambar.

menjadikan android sebagai mic pc

Kemudian klik menu “Transport” dan kamu tinggal pilih ingin menyambungkan Mic hp kamu ke Komputer kamu menggunakan Bluetooth, USB atau WIFI. Disini Woiden.com akan memberikan contoh menggunakan WIFI (Catatan : Pastikan koneksi komputer dan smartphone kamu pada jaringan WIFI yang sama).

android sebagai microphone pc

Kamu klik “Icon Start” dan IP Wifi kamu akan muncul seperti gambar dibawah ini (Kamu hafal atau catat IP yang muncul).

menjadikan hp sebagai microphone

Langkah berikutnya kamu buka Wo Mic Client yang sudah di install di komputer atau laptop kamu, klik “Connection” lalu tekan “Connect.

 	menjadikan android sebagai mic wireless

Jika kamu menggunakan wifi pilih “Wi-Fi“. Dan kamu isikan pada kolom “Phone IP address” IP wifi yang kamu hafal tadi dan klik tombol “Connect“.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone Eksernal

Selesai, jika berhasil akan muncul tulisan “Connect” dan kamu sudah bisa menggunakan smartphone android kamu menjadi Mic untuk komputer atau laptop kamu.

Menjadikan smartphone sebagai mic portable

Itulah Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone Eksernal. Semoga bisa membantu kamu jika membutuhkan mic mendadak, cara ini bisa menjadi antisipasinya. Selamat mencoba.