Beberapa orang mungkin memiliki data penting mereka yang tersimpan di komputer maupun laptop mereka. Umumnya file penting biasanya mereka simpan di dalam folder yang benar-benar aman dan cepat untuk mereka akses.

Biasanya beberapa orang juga menggunakan program tambahan untuk mengunci folder tersebut dari mereka yang tidak berwenang. Sehingga ini bisa lebih menjamin keamanan dari file penting yang dimiliki tersebut.

Namun seringkali untuk membuat file itu dapat tersimpan di tempat aman dengan fitur penguncian, itu cenderung terbatas penggunaanya dan cukup merepotkan. Terlebih ketika menggunakan program tertentu secara gratis, sehingga untuk mendapatkan kemudahan dalam penggunaan, biasanya Anda memerlukan biaya langganan yang cukup mahal untuk menebus fitur berbayar dari program atau software tersebut.

Nah untungnya di pc windows, Anda dapat melakukan kedua hal tersebut yakni mengunci sebuah folder tanpa menggunakan program atau software apapun yang diinstall. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan dari windows untuk mengunci folder yang Anda inginkan seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Mengunci Folder Di Komputer Windows Tanpa Aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan folder yang ingin Anda terapkan penguncian. Selanjutnya, klik kanan pada folder tersebut lalu pilih “Properties”.

Setelah jendela properties dari folder tersebut terbuka, alihkan ke tab “Security”. Dari jendela “Group or user names”. Lalu ketuk tombol “Edit”. Dari jendela editing, centang semua pilihan “Deny” dari “Permissions for Users”. Kemudian ketuk tombol “Apply” atau “OK”.

Setelahnya, ketika Anda ingin mengkases folder tersebut, maka Anda akan mendapatkan pesan popup berupa “You don’t currently have permission to access this folder”.

Cara Memulihkan Folder Yang Terkunci Dari Jendela Properties

Untuk mengembalikan folder seperti semula agar dapat Anda akses kembali, cukup arahkan ke jendela seperti semula, yaitu klik kanan folder kemudian pilih “Properties” -> “Security”. Kemudian centang kembali untuk pilihan “Allow” pada menu “Permissions for Users” atau ketuk tombol “Remove” untuk singkatnya. Lalu ketuk tombol “Apply” atau “OK” untuk menerapkan.