Penggunaan aplikasi sebagai alat bantu, sudah mulai merambah ke dunia bisnis. Ada beberapa Aplikasi Kasir yang kini sudah tersedia untuk perangkat Android maupun ios iPhone. Bahkan penggunaan aplikasi pada bidang usaha atau bisnis sudah berkembang pesat dan meluas hingga ke berbagai sektor bisnis.

Penggunaan aplikasi smartphone sebagai alat bantu bisnis diklaim lebih mudah dan efisien dalam pengoperasiannya. Ketimbang menggunakan perangkat elektronik konvensional. Menggunakan aplikasi kasir tidak hanya memberikan kesan modern, namun juga dapat mencatat semua penjualan serta kalkulasi penjualan secara mudah.

Paling menarik lagi adalah sebagian besar sudah terintegrasi dengan internet yang memungkinkan system pembayaran online seperti ovo, gopay, dan mobile banking, dan banyak lagi. Sehingga tidak perlu lagi repot untuk mendaftarkan outlet kita kedalam jaringan pembayaran tersebut.

Hal yang paling efektif dari aplikasi kasir di smartphone adalah kemampuan yang dapat dioperasikan atau dimonitor dari jarak jauh. Selama perangkat terhubung dengan internet, maka penggunaanya bisa jauh lebih mudah. Melihat keunggulan diitengah maraknya pengembang aplikasi kasir di Indonesia. Ada salah satu aplikasi kasir yang memiliki fitur lengkap dan interface yang bagus, yakni Pawoon.

Aplikasi kasir dari pawoon ini sudah mendukung integrasi secara online dengan keunggulan fitur yang sangat lengkap. Aplikasi ini sangat mendukung untuk berbagai bidang bisnis, seperti restaurant, cafe, food truck, franchise, retail, barbership, pop-up store, dan banyak lagi.

Diluar dari keunggulan itu semua, pengoperasian dari aplikasi kasir ini juga jauh lebih mudah. Meskipun sebagian besar aplikasi kasir telah dilengkapi dengan buku manual/panduan serta laman website panduan. Lebih detail mengenai cara menggunakan aplikasi kasir sebagai berikut:

Langkah 1: Melakukan Pembelian Paket

Tahap paling awal yang tentunya harus dilakukan adalah melakukan pembelian paket. Harga paket bisa saja berbeda-beda setiap aplikasi kasir. Namun sebagian besar dipasar menawarkan paket aplikasi yang terbilang sangat terjangkau.

Terlebih beberapa penyedia layanan biasanya memberikan uji coba gratis yang memungkinkan setiap orang dapat mencoba lebih dulu layanan dari aplikasi sebelum mereka benar-benar membelinya untuk mendapatkan semua fitur secara lengkap.

Langkah 2: Mengunduh dan Install Aplikasi Kasir

Setelah melakukan pembelian paket. Biasanya dalam satuan paket ini berisikan akun serta perangkat/alat merchand. Namun jika Anda ingin lebih murah. Anda bisa membeli akun saja. Selebihnya untuk perangkat tablet dan dock, bisa Anda sediakan sendiri sesuai spesifikasi yang direkomendasikan.

Beberapa aplikasi kasir tersedia untuk perangkat android dan ios, namun sebagaian besar aplikasi biasanya hanya tersedia untuk tablet android saja. Setelah Anda memiliki akun dan perangkat Android. Maka langkah selanjutnya, download dan install aplikasi tersebut melalui google play store atau app store.

Langkah 3: Login Mengunakan Akun Aplikasi

Saat aplikasi sudah tersedia dalam perangkat tablet atau smartphone Anda. Selanjutnya cukup masuk menggunakan akun yang telah Anda beli sebelumnya. Akses penggunaan akun pada umumnya menggunakan username dan password yang didaftarkan.

Setelah masuk menggunakan akun, Biasanya Anda dihadapkan pada layar dimana Anda harus menambahkan atau memilih daftar outlet dan operator yang sedang menjalankan aplikasi. Mungkin pada langkah ini dibutuhkan PIN baru yang harus dibuat berbeda-beda untuk setiap operator yang menjalankan.

Langkah 4: Menambahkan Daftar Menu

Akun yang masih baru umumnya belum tersedia daftar menu yang tersedia. Maka tentu pada langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan penjualan adalah dengan menambahkan daftar menu yang tersedia di outlet Anda nantinya.

Termasuk melengkapi informasi lainnya untuk setiap daftar menu, yakni harga menu, deskripsi, nama menu berupa makanan atau minum tersebut. Selebihnya melengkapi informasi tambahan lainnya seperti kategori menu dan lainya.

Langkah 5: Menambahkan Data Penjualan

Selain menambahkan daftar menu penjualan. Hal lain yang penting Anda lakukan adalah melengkapi informasi outleet dan data penjualan. Dalam hal ini termasuk menambahkan kas masuk yang tersedia di penyimpan kasir.

Langkah 6: Membuat Pesanan dan Mencatat Penjualan

Setelah semua informasi mengenai outleet dan daftar penjualan telah lengkap. Selanjutnya sisa Anda menjalankan aplikasi kasir tersebut. Setiap pembelian yang dilakukan. Anda hanya perlu memilih dari daftar menu.

Kemudian masukan nominal yang dibayarkan oleh konsumen Anda. Beberapa saat, system aplikasi akan memproses kalkulasi biaya pengembalian secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan kalkulator manual lagi untuk memproses pemesanan.