Setiap kali kita mengambil foto atau bidikan gambar dari smartphone, umumnya foto yang kita ambil akan secara otomatis mengimput meta data sesuai kapan gambar tersebut diambil. Misalnya dengan menetapkan tanggal, jam, dan dimana foto tersebut diambil.

Hal ini memudahkan pengguna untuk melihat detail gambar yang kita ambil untuk keperluan lainnya. Nah di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, kita tidak dimungkinkan untuk mengubah meta data tersebut.

Nah sayangnya untuk penggunaan di sosial media, biasanya aplikasi akan secara otomatis mendeteksi informasi meta data dari foto sehingga ketika kita ingin menambahkan detail jam atau tgl, umumnya akan tercantum secara otomatis sesuai yang tertera di meta foto.

Salah satu aplikasi sosial media yang menerapkan ini adalah Instagram, dimana ketika kita mengunggah sebuah foto dan hendak menambahkan jam, maka aplikasi akan menampilkan jam yang sesuai dengan informasi yang tersedia di meta. Sehingga Anda tidak bisa merubah sesuka hati.

Nah untungnya, ada beberapa cara alternatf yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat mengubah meta data tersebut. Namun untuk melakukan ini Anda harus menggunakan aplikasi tambahan untuk dapat mengubah meta. Lebih detailnya seperti yang dijelaskan pada langkah dibawah ini:

Cara Mengganti MetaData Gambar Di iPhone

Untuk mengganti meta data gambar di iphone cukup mudah, Anda tidak perlu melakukan jailbreak untuk melakukannya. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah PixelGarde. Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store. Silahkan ikuti tautan dibawah untuk mulai mengunduh dari app store:

  • https://woiden.com/go/3Of5ou

Anda cukup menginstall aplikasi tersebut, kemudian memilih daftar foto yang Anda inginkan, kemudian ketuk “Edit”. Nah dari sini, Anda dapat mengubah Lokasi pengambilan gambar, jam, tgl, judul, hak cipta, dan banyak lagi.

Sehingga ketika Anda mengunggah kembali gambar tersebut di sosial media, maka aplikasi akan mendeteksi meta data yang baru saja Anda ubah. Termasuk penerapan pada gambar yang akan diupload di instagram dan beberapa sosial media lainnya.