Cara Mengubah ID Device Android di Smartphone Anda

Diposting pada

Setiap perangkat smartphone maupun tablet, itu memiliki satu baris angka dan huruf unik yang disebut dengan ID Device. ID ini berfungsi sebagai identitas perangkat yang sama halnya dengan Alamat IP ketika terhubung ke internet.

ID Device ini juga berfungsi untuk membatasi aktifitas tertentu pada sebuah smartphone Android. Misalnya membatasi satu perangkat untuk mendaftarkan lebih dari satu akun aplikasi tertentu. Dan inilah yang paling sering dialami oleh pengguna Android.

Secara umum dan legal, sebuah ID yang didapatkan tidak dapat diganti atau diubah secara sepihak oleh sang pemilik perangkat atau siapapun itu. Sebab ini merupakan satu identitas fital yang sama hal pada no polisi pada kendaraan bermotor.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengubahnya. Anda tentu bisa mengubahnya sesuka hati Anda dengan bantuan beberapa aplikasi dan fungsi root yang telah dilakukan. Perlu Anda ketahui bahwa penerapan ini juga memiliki resiko, sehingga jika Anda benar-benar ingin melakukannya pastikan untuk menyimpan dengan baik (Backup) ID Device Anda sebelumnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Persyaratan

Seperti yang dijelaskan pada paragraph opening diatas bahwa penerapan ini membutuhkan fungsi rooting yang telah dilakukan sebelumnya. Maka pastikan Anda telah melakukan rooting pada smartphone Anda.

Jika belum melakukan rooting, silahkan baca dan terapkan artikel woiden berikut ini dengan mudah:

Cara Mengganti Device ID Android

Ada dua aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengganti ID Device Android Anda. Tersedia aplikasi versi gratis dan versi berbayar. Namun tetap keduanya membutuhkan rooting. Kedua aplikasi tersebut bisa Anda unduh secara resmi melalui tautan berikut:

Device ID Changer

  • Gratis: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.VTechno.androididchanger&hl=en
  • Berbayar: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.liamw.root.androididchanger

Setelah Anda install di perangkat Anda. Jalankan aplikasinya dan ketikan secara manual ID yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia. Namun pastikan untuk mencatat atau membackup ID Device Anda yang asli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya bug atau error os.

BACA JUGA  Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh dari Google Play Store

Anda juga bisa membiarkan aplikasi melakukan generate ID secara acak untuk Anda. Caranya cukup tekan tombol Random pada layar aplikasi yang tersedia.

Kesimpulan

Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada masukan mengenai artikel yang dibahas kali ini atau mungkin ada saran untuk kemajuan woiden kedepannya. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.

Terkait:

  • cara manipulasi perangkat hp
  • cara mengganti device id android

6 komentar.

    1. perkara yang sulit memang kalau id awal perangkat terlupakan atau hilang karena id device memang sifatnya tersembunyi, tidak serupa dengan imei yang dapat dilihat dibelakang box hp. Namun alangkah baiknya, Agan bisa lihat box hp agan, jika beruntung mungkin 16 huruf dan angka id bawaan tertera dibelakang box smartphone agan.

      Alternatifnya jika agan sebelumnya mengubah id device melalui aplikasi, biasanya aplikasi itu menyimpan backup catatan id device sebelumnya. Jadi cukup recover melalui aplikasi itu sendiri atau agan juga bisa jelajah satu persatu ke folder dcim atau rooting aplikasi id device changer yang digunakan. File itu biasanya berformat note atau non-support untuk android, jadi agan harus buka melalui fungsi open as text editor.

    1. ada banyak faktornya kak, mungkin kakak edit id devicenya tidak sesuai. ID Device berisikan 16 digit angka dan huruf kak. gampangnya kakak pake fungsi random/acak aja kak biar lebih mudah. Kalau masih bermasalah, coba screenshot letak kesalahan dilayar hp kakak, lalu kirim ke email [email protected]

Comments are closed.