Terkadang ada saat dimana kita ingin merubah salah satu atau beberapa file yang tersimpan di smartphone kita. Entah itu file unduhan untuk sebuah game atau mungkin berkas tertentu. Namun untuk beberapa smartphone tidak didukung langsung untuk merubah format file langsung dari aplikasi bawaan smartphone itu sendiri, meskipun memang pada dasarnya itu dapat dilakukan.

Nah khusus untuk Anda yang ingin mengubah format file yang tersimpan di smartphone Anda. Dengan apapun tujuan itu, Anda dapat menerapkan langkah mudah tersebut sesuai yang dijelaskan pada artikel ini.

Dibawah ini nantinya akan dijelaskan secara ringkas mengenai bagaimana Anda bisa mengubah salah satu atau beberapa file dengan ekstensi tertentu menjadi ekstensi lain yang Anda inginkan. Lebih detailnya, silahkan simak langkah berikut ini:

Langkah-langkah mengubah Ekstensi File Dari HP Android

Langkah kali ini menggunakan aplikasi berupa file manager. Pada dasarnya hampir semua file manager dapat digunakan disetiap smartphone, hanya saja beberapa file manager bawaan untuk tipe smartphone tertentu tidak didukung untuk perubahaan ekstensi. Maka lebih umumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Google yakni, Files by Google. Aplikasi yang dulunya lebih dikenal sebagai aplikasi pembersih file-file sampah di smartphone Android, nyatanya juga dapat digunakan untuk merubah format atau ekstensi file di hp android.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di google play store, lebih jelasnya bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/9ryC5G

Aplikasi ini berfungsi untuk hampir semua tipe smartphone android, jadi Anda cukup menginstall kemudian menjalankan aplikasinya.

Setelah aplikasi Files by Google ini terbuka, maka langkah pertama silahkan arahkan jendela aplikasi ke folder dimana file yang Anda tuju tersimpan.

Merubah Ekstensi File Dari HP Android

Saat Anda menemukan filenya, Anda tidak perlu membukanya. Anda hanya perlu mengetuk “ikon Drop down/arah bawah” (opsi menu) disamping nama file.

Kemudian ketuk pilihan “Rename” atau “Ganti Nama” dari menu yang tertera. Dari kolom yang muncul, disini tertera nama file dengan akhiran ekstensi atau format file tiga atau empat digit.

Dari sini Anda cukup mengubah 3 digit akhiran tersebut menjadi ekstensi yang Anda inginkan. Misalnya File Anda berupa pdf dan Anda ingin ubah menjadi Docx. Maka dari sebelumnya nama file “woiden.pdf” rubah menjadi “woiden.docx”.

Jika Anda bingung dengan kode ekstensi file yang Anda tuju, maka Anda bisa lihat daftar-daftar ektensi dari wikipedia berikut ini:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_filename_extensions

Kemudian ketuk “Oke” untuk menyimpan file dengan ekstensi baru.

ingat bahwa merubah ekstensi atau format file tidak selamanya berfungsi sama dengan aplikasi running yang sama. Mengubah ekstensi file hanya untuk tujuan tertentu, misalnya kesalahan format yang diterima di smartphone atau mungkin file hasil modifikasi dan banyak tujuan lainnya. Jika dirasa ada yang kurang dipahami atau ada sesuatu yang ingin ditanyakan, jangan sungkan menghubungi kami melalui kolom komentar atau akun sosial media kami.