Secara umum HTML atau singkatan dari HyperText Markup Language merupakan sebuah bahasa markup yang umumnya digunakan untuk membuat sebuah halaman website untuk menampilkan berbagai informasi dalam sebuah website internet. Format hypertext ini biasanya dimuat dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan yang dapat diintegerasikan dalam web browser.

Meskipun html adalah file dasar dari sebuah website, jenis file ini juga dapat disimpan dalam bentuk format file yang dapat diakses kapanpun secara offline nantinya. Biasanya ini untuk memudahkan pengguna untuk dapat melihat kembali halaman penuh dari sebuah website dilain waktu tanpa harus terhubung ke jaringan internet.

Sayangnya file HTML cenderung hanya bisa diakses melaui web browser dan file hmtl biasanya memiliki file penunjang tambahan yang tersimpan untuk menyempurkan tampilannnya, misalnya seperti file javascript, css, dan sebagainya. Makan ini tentu cukup merepotkan dan menyulitkan untuk dibagikan.

Untungya ada beberap cara yang memungkinkan Anda untuk mengubah format file HTML menjadi format PDF dengan sangat mudah. Beberapa langkahnya seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Convert HTML Ke PDF Menggunakan Win2PDF

Salah satu cara mudah adalah dengan menggunakan software tambahan yang memungkinkan Anda untuk mengubah html menjadi pdf. Salah satu software ini adalah Win2PDF. Software ini bahkan dapat Anda download secara gratis melalui tautan berikut ini:

  • http://download.win2pdf.com/w2pdf_setup.exe

Anda cukup menginstall software ini di komputer Anda, kemudian cukup membuat file html melalui web browser atau dengan mengkases halaman website yang Anda tuju. Kemudian buka laman print atau dengan menekan tombol “Ctrl” + “P” dari keyboard komputer Anda. Lalu pilih device “Win2PDF Printer”.

Selanjutnya pada kolom piliuhan “Save as type”, pilih “PDF (Portable Document Format). Nah dari menu ini cukup memilih “Save” dan lihat hasilnya dari dalam folder yang Anda pilih.

Cara Convert HTML Ke PDF Langsung Secara Online

Cara paling mudah dari ketiga cara diatas adalah dengan mengakses salah satu situs website di internet untuk melakukan fungsi secara otomatis. Beberapa situs ini seperti berikut ini:

  • https://www.web2pdfconvert.com
  • http://webpagetopdf.com

Dari situs ini, Anda hanya perlu mengetikkan url atau link website yang Anda tuju. Kemudian ketuk tombol “Convert” dari layar, kemudian tunggu hingga situs memuat file pdf yang siap Anda download.

Cara Convert HTML Ke PDF Menggunakan Ekstensi Web Browser

Selain dari kedua cara diatas, Anda juga bisa memanfaatkan web browser untuk mendownload langusng website dalam format html langsung ke PDF menggunakan Ekstensi Browser. Namun jika Anda menggunakan browser Chrome, Anda mungkin dapat langsung menyimpan laman website dalam format PDF dengan mengetuk tombol “Ctrl” + “P” dari keyboard. Kemudian memilih “Save as PDF” pada bagian “Device/Target”.

Sedangkan jika Anda menggunakan browser lainnya atau jika Anda kesulitan menerapkan fungsi ini, silahkan menginstall ekstensi browser berikut ini:

Chrome: https://woiden.com/go/fax38m
Mozilla: https://woiden.com/go/TKvqP1

Anda cukup menginstall ekstensi dari web browser komputer Anda. Kemudian membuka file html dari web browser tersebut lalu menekan tombol atau ikon ekstensi dari menu toolbar browser yang tersedia.