Pada beberapa waktu yang lalu, woiden telah menerbitkan artikel berkaitan dengan topic bagaimana cara mengecek saldo E-Toll melalui HP Android untuk semua jenis kartu termasuk Brizzi, Tap Cash, Flazz, Blink, E-Money, dan lainnya. Nah khusus untuk artikel kali ini, woiden akan membahas kelanjutan dari pembahasan sebelumnya. Dimana woiden akan membahas tentang bagaimana cara mengisi saldo atau Topup saldo E-Toll hanya melalui smartphone Android.

Sama seperti pada langkah di artikel sebelumnya, pada penerapan kali ini Anda tidak memerlukan perangkat tambahan selain menggunakan smartphone Android Anda sebagai pemindai. Tentunya, smartphone Anda juga harus sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Sebab fungsi ini adalah satu satunya fitur yang bisa membaca kartu E-Toll Anda.

Apabila Anda masih bingung dengan bagaimana cara penggunaan NFC di Android atau ingin mengentahui apakah smartphone Anda mendukung fitur ini atau tidaknya. Bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut ini:

Setelah semua keperluan yang dibutuhkan telah disiapkan dengan baik dan tidak ada kendala. Maka Anda bisa mulai melangkah pada uraian lengkap dibawah ini:

Cara Topup Saldo E-Toll Melalui Smartphone Android

Seperti halnya ketika Anda ingin mengecek sisa Saldo, Anda masih perlu meletakan kartu E-Toll Anda tepat dibelakang logo NFC balik smartphone Anda. Selain itu, Anda memerlukan salah satu aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi topup. Beberapa aplikasi ini merupakan aplikasi bahwaan dari Bank tertentu untuk tiap masing-masing jenis kartu E-Toll.

Satu hal yang paling penting Anda ketahui bahwa pada artikel kali ini hanya mendukung untuk jenis kartu E-Money atau jenis kartu lainnya yang diterbitkan oleh Bank Mandiri atau jenis kartu yang bekerja sama dengan Indomaret atau Pertamina. Maka dari itu untuk jenis kartu lainya seperti Brizzi, Blink, Flazz, Tap Cash akan diulas pada artikel woiden lainnya. Namun untuk pembayaran dapat dilakukan dengan metode pembayaran dari bank lainnya diluar Bank Mandiri.

Langkah 1: Download Aplikasi Mandiri E-Money

Langkah pertama yang terpenting adalah Anda harus memiliki aplikasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini disebut dengan Mandiri E-Money Isi Ulang. Aplikasi Mandiri E-Money isi ulang ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Lebih lanjut, bisa Anda download dan install melalui rujukan tautan play store berikut ini:

  • https://woiden.com/go/xUkdNu

Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi lainnya yang bisa Anda gunakan. Termasuk fungsi untuk melakukan cek saldo yang tersisa di kartu E-Toll Anda. Selain itu apabila Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, maka Anda perlu mendaftarkan sebuah akun untuk otoritas pengguna Anda untuk penggunaan aplikasi. Maka silahkan buka aplikasinya dan daftarkan akun Anda.

Langkah 2: Tempelkan Kartu Dibelakang Smartphone

Langkah selanjutnya Jalankan aplikasi Mandiri E-Money di Smartphone Anda. Namun terlebih dahulu pastikan fitur NFC (Near Field Communication) smartphone Anda telah diaktifkan. Setelah fitur aktif dan aplikasi telah terbuka.

Tepat pada layar utama aplikasi dimana tertera teks bertuliskan “Tempelkan kartu dibelakang handphone”. Maka silahkan Anda tempelkan kartu E-Toll Mandiri E-Money Anda di belakang smartphone Anda, tepat dilogo NFC.

Tempelkan berkali-kali dan tahan sampai layar di aplikasi menampilkan informasi kartu berupa sisa saldo dan nomor kartu Anda. Kemudian beberapa saat, aplikasi akan menampilkan jendela pengisian saldo.

Langkah 3: Mulai Topup Saldo E-Toll

Setelah layar dalam aplikasi mulai berubah dengan pilihan langkah pertama Isi ulang saldo. Atau seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan Anda pilih jumlah nominal saldo yang ingin Anda isi. Tersedia minimal 100 ribu hingga kelipatan berikutnya.

Setelah Anda memilih jumlah nominal yang diinginkan. Anda akan diarahkan ke jendela pembayaran selanjutnya. Pada proses pembayaran ini, Anda diminta untuk memasukan informasi kartu kredit atau debit Anda sebagai metode pembayaran.

Selanjutnya, silakan lengkapi kolom yang disediakan yakni lengkapi kolom Nomor Kartu Kredit/Debit, Masa Berlaku Kartu, CVV Kartu. Semua informasi ini bisa dilihat dari kartu kredit/debit Anda. Sedangkan untuk CVV merupakan 3 digit angka terakhir yang tertera dibelakang kartu dan dibelakang nomor kartu kredit/debit Anda.

Setelah semuanya telah Anda lengkapi, silahkan ketuk tombol “Isi Ulang” untuk memulai topup saldo. Pada langkah selanjutnya, aplikasi akan mengirimkan kode otoritas ke nomor telepon yang Anda daftarkan pertama kali sebagai akun pengguna. Maka, silahkan periksa pesan masuk/inbox yang berisikan kode otoritas tersebut kemudian masukkan ke kolom yang tersedia dalam aplikasi. Apabila berhasil, Anda diminta untuk menempelkan kembali kartu E-Toll Anda ke belakang smartphone, kemudian transaksi akan segera diproses dan saldo akan terisi beberapa saat kemudian.

Apabila transaksi Anda gagal menggunakan kartu debit/atm, maka pastikan terlebih dahulu bahwa kartu debit/atm Anda telah diaktifkan untuk transaksi online. Hal ini perlu diaktifkan terlebih dahulu melalui Bank terbitan kartu debit/atm Anda.

Sebagai alternatif apabila Anda menggunakan kartu debit BNI, maka Anda bisa membuat nomor Virtual Credit Card atau kartu kredit virtual melalui mesin atm bni terdekat. Kartu kredit virtual dapat dibuat dari mesin atm bni untuk memungkinkan melakukan pembayaran selayaknya kartu kredit online dengan nominal tertentu.