Cara Menginstall Program Windows EXE di Android

Diposting pada

Mungkin Anda pernah memikirkan untuk menginstall dan menggunakan program atau software berekstensi EXE di Windows ke Smartphone atua Tablet Android Anda. Format Exe pada dasarnya merupakan ekstensi program yang hanya dapat di jalankan pada perangkat PC atau Komputer Windows.

Namun menginstall EXE di Android itu benar-benar bisa Anda gunakan lakukan sekarang. Berkat Wine Project yang merilis versi Android-compatible yang memungkinkan Anda untuk menjalankan program berekstensi EXE, misalnya seperti Microsoft Word, Excel, PPT, Firefox, Winamp, Smadav, VLC Player, WMP, dan banyak lagi program windows lainnya.

Apa itu Wine Project?

Seringkali orang menganggap Wine adalah Emulator, namun pada kenyataannya bukanlah emulator. Sebab OS di Perangkat Anda tetap Android, hanya saja menambahkan dukungan software library untuk menjalankan format windows.

Selama bertahun-tahun, Wine telah menjadi semakin populer sebagai cara untuk menjalankan software Windows di platform lain. Saat menginstal mesin virtual ini adalah salah satu pilihan terbaik (mungkin, katakanlah, untuk menjalankan Microsoft Office ), Wine bisa dibilang lebih mudah untuk digunakan.

Sebelumnya, Wine hanya tersedia untuk perangkat ARM (seperti Pi Raspberry ). Hebatnya sekarang Wine telah dirilis untuk Android.

Cara Menginstall Wine di Android

Sebelum menginstall Wine di perangkat Android Anda, Anda harus memastikan Anda dapat menginstal APK. Sebab, wine tidak tersedia di Google Play Store.

Biasanya perangkat di batasi untuk mengisntall aplikasi di Android melalui APK. Namun semua perangkat bisa menonaktifkan batasan itu dengan mengarahkan ke “Settings” -> “Security” -> “Unknown Source”.

Setelah Anda mengaktifkan fitur Unknown Source di pengaturan Android Anda. Selanjutnya silahkan unduh Wine for Android melalui tautan berikut ini:

  • https://dl.winehq.org/wine-builds/android/

Beberapa versi tersedia untuk prosesor ARM (kebanyakan perangkat Android) dan prosesor x86 (kebanyakan tablet). Cari tahu lebih dulu Processor Android Anda sebelum salah menginstall. Caranya lihat spesifikasi smartphone atau tablet Anda di Google atau GSMarena.com

BACA JUGA  Cara Mengetahui Alamat IP Address Android

Setelah mendownload aplikasinya, silahkan Anda install di perangkat Anda dengan cara mengetuk file dan lakukan instalasi seperti biasa. Diluar itu, Wine memerlukan akses untuk merekam audio, dan memodifikasi, menghapus, dan membaca isi SD Card/Kartu Memori perangkat Anda. Perekaman audio diperlukan oleh beberapa aplikasi yang mungkin ingin Anda gunakan di Wine.

Setelah instalasi selesai, tekan terbuka, dan tunggu beberapa saat untuk membiarkan aplikasi wine membuat fungsional windows.

Aplikasi Windows Yang Dapat Digunakan?

Sementara Wine hanya akan dapat menjalankan beberapa atau software/program windows dalam jumlah terbatas pada perangkat ARM Android. Namun jika Anda memiliki Android Berbasis X86 seperti halnya beberapa Tablet Android, maka sebagian besar program atau semua program exe di windows itu bisa dijalankan.

Karena Anda mungkin menggunakan perangkat Android berbasis ARM, Anda akan terbatas pada aplikasi yang telah disesuaikan untuk digunakan pada Windows RT. Berikut adalah beberapa dari sekian banyak aplikasi yang didukung hanya untuk perangkat Android berbasis ARM:

  • Notepad
  • Paint
  • Audacity
  • FileZilla
  • Microsoft Word/Excel/PPT 2003/2007 Portable
  • Winrar
  • 7-Zip
  • Dan banyak lagi yang tidak bisa woiden uji semuanya.

Selain itu, mungkin beberapa software library dan API yang diperlukan untuk game pc (seperti GTA atau game berat lainnya) akan tidak berfungsi untuk jendela atau situasi tertentu. Hilang, namun cenderung muncul pada tahap tertentu, misalnya seperti fungsi Direct3D 12, Vulkan, dan dukungan OpenGL ES penuh.

Namun, Wine sedang dalam pengembangan konstan. Dengan demikian, aplikasi ini pastinya akan dikembangkan terus menerus hingga semua fungsional di windows pc bisa dijalankan.

Cara Menggunakan Wine di Android

Saat Anda pertama kali menjalankan aplikasi Wine ini, Anda akan melihat tampilan selaykanya Windows 7 Standart atau seperti dalam Safe Mode.

BACA JUGA  4 Cara Mengedit File Microsoft Word Yang Terkunci

Untuk menggunakan Wine, Anda mungkin memerlukan keyboard atau pulpen stylus (dan mungkin mouse) yang terpasang pada perangkat Android Anda. Sebab menggunakan akan sulit, terlebih jika layar Android Anda cukup kecil.

Anda dapat menekan tombol “Start” untuk menampilkan dua menu. Pertama adalah Control Panel, dengan sub menu “Add/Remove Programs”, “Game Controllers”, dan “internet Settings”. Kedua adalah “Run…”

Sama halnya pada Windows PC, Ketika Anda membuka “Run…” Anda akan menampilkan kotak dialog untuk mengetikan perintah. Misalnya, membuka internet Explorer, melakukan Ping atau sebagainya yang sama di komputer.

Cara Menginstall Program Windows Format EXE di Android

Agar dapat menginstall program Windows berformat .exe di Android. Anda harus mendownload program yang Anda inginkan melalui internet. Kemudian memindahkan file format .exe itu ke SD Card atau Kartu Memori Android Anda.

Setelah Anda memindahkan file .exe itu di Kartu memori Android Anda. Selanjutnya ketuk “Wine Command Prompt” di tampilan jendela pertama aplikasi Wine seperti gambar dibawah ini:

Misalnya, sebagai contoh saya mendownload namafile.exe ke tablet Android saya dan menyimpannya ke folder Download. Jadi untuk menginstalnya, saya menuliskan perintah berikut ke dalam jendela Wine Command Prompt

  • cd sdcard/Download/[namafile.exe]

Lokasi folder diatas cukup Anda sesuaikan dengan dimana Anda menyimpan file exe Anda. “namafile.exe” dan folder “Download” Anda sesuaikan sendirinya.

Jika file ARM Anda mendukung. Ini akan segera menjalankan program yang Anda pilih. Namun jika tidak, Anda akan melihat banyak pesan error.

Kesimpulan

Wine Project bukanlah salah satu alternative baik jika anda ingin menggunakan windows di Android. Namun setidaknya beberapa tahun atau mungkin 5 tahun kedepan. Wine Project bisa diharapkan menutupi kekurangannya saat ini. Selayaknya Windows pada saat awal-awal dirilis.

3 komentar.

Comments are closed.