Aplikasi dapat dipasang dengan akun pengembang/developer dengan beberapa cara yang berbeda. Dua metode yang paling populer adalah dengan menggunakan Xcode atau tools yang disebut Cydia Impactor, yang merupakan metode yang jauh lebih mudah, yang bekerja dengan hampir semua sistem operasi.

Kedua metode merupakan memiliki kekurangan dan kelebihan, namun untuk metode Xcode itu sendiri, penerapannya memerlukan sebuah perangkat Mac. Dengan begitu kemungkinan tidak semua pengguna memiliki perangkat Mac. Maka dari itu, solusinya adalah dengan menggunakan Cydia Impactor.

Namun perlu lagi diketahui, bahwa jika akun Apple Anda tidak berstatus sebagai pengembang/developer. Maka masa instalasi file aplikasi IPA Anda hanya dapat berlangsung selama 7 hari. Sehingga setelah 7 hari berlalu, Anda perlu mengulangi proses instalasi file IPA itu untuk tetap bisa menggunakan aplikasi yang Anda tuju.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan akun Apple pengembang/developer. Maka Anda tidak perlu repot, sebab Anda tetap dapat menggunakan aplikasi yang Anda install menggunakan file IPA selama setahun kedepan.

Selebihnya mengenai penerapan, silahkan menyimak uraian dibawah ini:

Persyaratan & Catatan

  • Proses ini tidak memerlukan jailbreak.
  • Dibutuhkan komputer Mac, Windows, atau Linux.
  • Kabel USB Lighting

Download Link Cydia Impactor:

  • Windows: https://cydia.saurik.com/api/latest/2
  • Mac: https://cydia.saurik.com/api/latest/1
  • Linux 32-bit: https://cydia.saurik.com/api/latest/4
  • Linux 64-bit: https://cydia.saurik.com/api/latest/5

Tahap Instalasi IPA di iPhone

  1. Download atau cari file IPA yang ingin Anda install di perangkat iOS Anda.
  2. Download Cydia Impactor melalui link download di atas. Setelah diunduh, unzip dan klik dua kali pada file ‘ Impactor.exe ‘ untuk membuka Cydia Impactor.
  3. Setelah terbuka, pastikan perangkat iOS Anda terhubung ke komputer Anda melalui kabel USB Lighting. Pilih perangkat Anda di menu drop-down dari jendela Cydia Impactor.
  4. Cari file IPA aplikasi yang ingin Anda install dan drag/seret file itu ke jendela Cydia Impactor. Jika muncul peringatan, klik ‘OK’.
  5. Anda akan diminta memasukkan ID Apple Anda. Ini hanya digunakan untuk membuat sertifikat agar aplikasi dapat dipasang dan tidak akan terlihat oleh server Apple lainnya.

Setelah memasukkan ID dan kata sandi Apple Anda, klik ‘OK’. Aplikasi Akan terinstall di perangkat Anda.

Setelah aplikasi terinstall, Pada iPhone Anda, arahkan Settings -> General -> Profil & Device Management dan cari profil nama aplikasi yang baru Anda install. Buka dan klik “Trust” dua kali. Jika Anda bingung ikuti gambar petunjuk dibawah ini

Setelah itu, Anda sudah dapat membuka aplikasi yang Anda install. Ingat, jika Anda menggunakan akun apple biasa, Anda perlu menginstal ulang aplikasi setiap 7 hari untuk terus dapat menggunakannya.