Cara Menghilangkan Tanda Baca Pesan iMessages di IPhone

Diposting pada

Jika Anda secara tidak sengaja mengaktifkan fungsi “Read Receipt” untuk semua iMessages Anda, ada cara mudah untuk menonaktifkannya sehingga tidak ada yang tahu kapan Anda benar-benar membaca pesan masuk mereka.

Anda juga dapat memilih percakapan kontak mana yang dapat melihat bahwa Anda telah membaca pesan mereka atau sama sekali tidak ingin menonaktifkan fitur itu untuk kontak tertentu.

Tanda Baca Tanda (Read Receipts) telah menjadi fitur untuk iPad, iPhone, dan iPod touch sejak iOS 5 saat platform iMessage pertama kali diperkenalkan. Fitur ini selalu menjadi pilihan dalam pengaturan. Sehingga Anda tidak pernah benar-benar harus khawatir tentang orang-orang yang diberitahu bahwa Anda telah membaca iMessages mereka. Namun, sangat mudah untuk mengaktifkan setting ini dan melupakannya.

Jika Anda belum memilih menggunakan fungsi ini, Apple akan memberi Anda petunjuk sesekali untuk mengaktifkannya. Sangat mudah untuk menekan “Allow” ini jika Anda sedang terburu-buru, tanpa berpikir dua kali tentang apa artinya.

Dengan itu, setiap kali Anda membaca iMessage seseorang di aplikasi Pesan, mereka akan menerima pemberitahuan berupa ikon read receipt (centang) “Tanda baca” di bawah apa yang mereka kirimkan kepada Anda di akhir pesan. Selain itu, cara simpel untuk membuat mereka tidak akan mendapatkan ikon tanda baca saat Anda membaca iMessage mereka adalah dengan membaca pesan mereka dari layar pratinjau kunci atau di Pemberitahuan Anda (Pemberitahuan Terbaru di iOS 11 ). Jika Anda menggunakan fungsi 3D Touch untuk memperluas pesan, mereka akan tahu bahwa Kamu sudah membacanya

Membuka iMessage menggunakan fungsi 3D Touch di layar kunci Anda akan menampilkan tanda baca itu di aplikasi Pesan mereka.

Mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan ini mudah dilakukan. Cukup membuka di pengaturan Messages Anda melalui menu Settings, (Settings -> Messages) lalu matikan pilihan “Send Read Receipt”.

BACA JUGA  Cara Mendengarkan Murottal Al Quran Melalui Google Assistant

Jika Anda tidak melihat opsi ini, mungkin karena Anda tidak memiliki “iMessage” yang diaktifkan di bagian atas halaman ini dan benar-benar pesan dengan SMS, yang tidak didukung. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir (kecuali kenyataan bahwa Anda tidak menggunakan iMessage!).

Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan Tanda Terima Baca Secara Individu

Menghidupkan atau mematikan tanda baca sepenuhnya telah ada sejak iOS 5. Namun iOS 10 membawa opsi baru yang memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan tanda baca secara case-by-case. Dengan cara ini, Anda dapat mematikannya di seluruh kolom tapi kembali dan memilih orang-orang yang benar-benar ingin Anda lihat bahwa Anda telah membaca pesan mereka. Atau, Anda dapat mengaktifkannya untuk semua orang dan menonaktifkannya untuk setiap kontak.

Untuk melakukannya, di aplikasi Pesan, pilih salah satu kolom percakapan yang Anda inginian. Lalu ketuk tombol “i” (info) di kanan atas. Selanjutnya, hilangkan tanda centang saklar pada “Send Read Receipts” dan tekan “Done.”

Jika Anda tidak melihat opsi ini. Itu karena aplikasi pesan Anda masih dalam format SMS, bukan untaian iMessage. Atau mungkin karena ini adalah obrolan kelompok/group yang juga tidak mendukung fitur tanda baca.