Tidak dapat dipungkiri bahwa Blogger atau blogspot merupakan salah satu platform blogging atau platform cms yang memiliki intensitas pengguna yang cukup banyak. Bersanding dengan beberapa platform cms lainnya, seperti wordpress dan tumblr, Blogger juga menawarkan berbagai fitur yang terbilang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan dari seorang blogger atau penerbit konten dalam rupa tulisan/naskah.

Terlebih blogger atau blogspot sangatlah mudah untuk digunakan. Seseorang bahkan dapat memiliki satu alamat blog hanya dengan beberapa menit saja dalam pendaftaran. Hanya dengan menggunakan akun Google/Gmail, akun blogger juga termasuk dalam lingkung integritas layanan google. Sehingga cukup mudah untuk melakukan berbagai penautan, termasuk untuk melakukan sharing ke akun google plus atau integrasi ke email.

Salah satu hal yang menarik dari penggunaan blogger, yakni kemudahaanya dalam mengelola tampilan atau tema yang digunakan. Tersedia banyak sekali template blogger yang dapat diunduh dari internet dan digunakan secara gratis.

Anda hanya perlu mengunduh berbagai template yang disediakan, kemudian menggunakannya. Namun beberapa template mungkin masih menampilkan fungsi editing langsung dari laman utama template atau biasanya kita lihat dengan ikon obeng.

Fungsi tombol ikon obeng ini sebenarnya cukup membantu, sebab Anda bisa editing tata letak sembari melakukan pratinjau langsung dari laman utama atau homepage blog Anda. Namun beberapa orang mungkin tidak menginginkan tombol ini tampil. Nah jika Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin menghilangkan tombol fungsi ini dari tampilan tema template blogspot Anda. Maka silahkan ikuti langkah dibawah ini:

Cara Menghapus Tombol Quick Edit Obeng Dalam Tema Blogspot

Untuk mulai menghilangkan fungsi tombol obeng ini dalam template blogger, Anda cukup mengalihkan ke laman Dashboard blogger Anda (https://www.blogger.com). Setelah itu ketuk pilihan “Theme” dari menu sidebar laman dashboard.

Kemudian ketuk tombol “Edit HTML”. Nah setelah jendela edit html terbuka, silahkan Anda lakukan penelusuran atau dengan menekan tombol CTRL + F di keyboard PC Anda. Cari semua kode berikut ini dan hapus.

<b:include name=’quickedit’/>

Pastikan Anda menghapus kode yang tepat seperti diatas. Setelah semua telah Anda hapus. Anda cukup mengetuk tombol “Save Theme” untuk mulai menerapkan tema baru Anda.