Cara Menghentikan Popup Otomatis Terbuka di Android

Diposting pada

Ada beberapa hal yang bisa sangaat menjengkelkan saat Anda tengah serius membaca sebuah artikel di situs internet tertentu. Hal menjengkelkan itu misalnya seperti iklan popup yang begitu menggangu.

Beberapa situs mungkin menggunakan iklan popup untuk mereka mendapatkan royalty atas kunjungan Anda. Namun ini cukup mengganggu, terlebih jika smartphone Anda tergolong tidak cukup kuat untuk memprosesnya dan seringkali membuat smartphone stuck sementara.

Meskipun tidak ada metode pemblokiran pop-up yang 100 persen sangat ampuh, dengan praktik keamanan yang tepat, Anda dapat menyimpan sebagian besar iklan digital dari Anda saat Anda menjelajah situs web melalui smartphone Android Anda.

Metode yang diuraikan di bawah ini diuji di Android Nougat, namun prosesnya persis sama di Android Oreo, yang diluncurkan ke banyak perangkat Android sekarang. Inilah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Menghentikan Popup Otomatis di Web Browser Android

  1. Buka Chrome, browser default di Android.
  2. Ketuk pilihan “Others” (tiga titik vertikal) di bagian kanan atas layar.
  3. Ketuk “Settings”.
  4. Gulir ke bawah ke Web Settings.
  5. Ketuk Pop-Ups untuk membuka slider untuk menonaktifkan pop-up.
  6. ketuk tombol slider lagi untuk menonaktifkan fitur.

Jika Anda menginginkan iklan pop-up atau iklan yang lebih agresif, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tidak seperti Chrome untuk desktop, versi seluler Chrome untuk Android saat ini tidak dapat menggunakan plugin apa pun.

Salah satu apliaksi yang memungkinkan Anda memblokir Popup di browser Android Anda adalah Ghostery. Aplikasi merupakan penghambat populer dan perpanjangan fokus privasi. Di Android, aplikasi dalam bentuk browser lengkap yang memberi Anda keterlihatan jenis pelacak yang ada di situs web. Berikut cara memblokir pop-up menggunakan aplikasi itu.

  1. Ketuk tombol “Settings”.
  2. Ketuk Block Popup.
BACA JUGA  Cara Menggunakan HP Android Sebagai USB WiFi Adapter

Selain itu, Anda dapat beralih ke Ghostery -> Tracker Blocking Options dan kemudian pilih Block Everything untuk opsi pemblokiran yang paling agresif.

Hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda akan melihat ada pop-up yang akan merusak pengalaman browsing seluler Anda.

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan fungsi serupa, namun Ghostery memiliki reputasi paling agresif dalam memblokir gangguan seperti pop-up.

Meskipun Chrome tidak mengizinkan pemblokir iklan pihak ketiga dalam waktu dekat, Google telah mengonfirmasinya akan mengenalkan dukungan untuk Program Pengalaman Iklan yang Lebih Baik di Chrome mulai 15 Februari. Chrome akan secara otomatis menghapus iklan yang melanggar Kriteria Koalisi untuk Iklan yang Lebih Baik. Ini bukan pengganti lengkap untuk plugin khusus, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali.