Terkadang penggunaan kuota data di iphone membuat kita jengkel, sebab ada saat dimana iphone memang benar-benar terkesan ingin menguras data internet kita. Tanpa mengetahui sebab, beberapa pengguna pernah mengakui bahwa mereka merasa kuota data mereka cepat sekali habis. Meskipun mereka tidak menggunakan hal-hal yang menguras data banyak seperti streaming.

Memang secara bawaan iphone sudah melengkapi fitur yang dimana Anda bisa membatasi penggunaan data internet. Bahkan di App Store sendiri ada banyak sekali aplikasi yang mengklaim mampu membuat Anda menghemat data internet.

Namun semua itu kembali ke pemilik perangkat itu sendiri. Meskipun Anda menggunakan aplikasi atau fitur apapun itu. Anda tetap akan mengalami pembengkakan konsumsi data internet apabila tidak Anda batasi sendiri.

Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa poin tips yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi penggunaan data di ios iphone Anda. Beberapa poin ini diharapkan bisa membantu Anda untuk lebih hemat penggunaan kuota internet. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Mengaktifkan Cellular Data Seperlunya

Sama seperti pada smartphone lainnya, di iphone juga memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan data cellular dengan langkah yang sangat pintas dan ringkas. Sehingga ini memungkinkan Anda untuk lebih dapat berhemat dalam konsumsi data internet.

Pengaturan ini bisa Anda nonaktifkan dari menu Control Center atau melalui jendela settings -> cellular -> cellular data. Pengaturan ini juga yang paling sering digunakan oleh beberapa orang ketika ingin berhemat dari penggunaan data.

Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Ada beberapa yang memang akan terus berjalan dilatar belakang layar meskipun tidak sedang Anda gunakan. Aplikasi seperti inilah yang biasanya cenderung lebih banyak mengkonsumsi data internet perangkat Anda.

Maka mulai sekarang cobalah untuk melirik beberapa aplikasi yang terinstall di iphone Anda. Kemudian nonaktifkan beberapa aplikasi yang memang benar-benar memiliki opsi berjalan di latar belakang dan tidak benar-benar Anda butuhkan untuk berjalan terus-menerus.

Caranya cukup alihkan ke Settings -> General -> Background App Refresh. Nah dari jendela ini ada beberapa daftar aplikasi yang terdaftar memungkinkan untuk aktif dilatar belakang. Namun woiden menyarankan Anda untuk menonaktifkannya semua dengan menonaktifkan dari saklar menu “Background App Refresh” menjadi OFF.

Memanfaatkan Wi-Fi Dengan Maksimal

Ketika Anda berada di tempat yang memiliki jaringan wifi internet secara gratis. Maka cobalah untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Janganlah menjadi seorang yang menyombongkan kekayaan Anda, meskipun Anda mungkin memang kaya raya.

Namun jika Anda memang membutuhkan jaringan yang benar-benar stabil untuk bermain game online. Maka tentu itu juga hak Anda. Anda juga bisa mengaktifkan Wi-Fi Assist (Settings -> Celluler) ketika Anda sedang menggunakan jaringan wifi, namun juga hendak mencadangkan penggunaan data celluler ketika jaringan wifi sedang buruk.

Menonaktifkan iCloud Drive

iPhone memiliki layanan penyimpanan awan yang disebut dengan iCloud. Aplikasi bawaan iOS ini pada dasarnya membutuhkan banyak data seluler. Sebab aplikasi ini secara otomatis akan mencadangkan atau membackup semua gambar atau video yang tersimpan di iphone Anda.

iCloud juga umumnya menggunakan wifi untuk memproses cadangan, namun jika iphone Anda memang benar-benar tidak terhubung wifi. Maka tetap saja icloud akan menggunakan data seluler Anda untuk mencadangkan file-file tersebut. UJntuk menonaktifkan ini, arahkan ke “Settings -> Celluler”, kemudian gulir kebawah sampai Anda menemukan pilihan “iCloud Drive”.

Menonaktifkan Unduhan Otomatis

App Store juga saat ini menerapkan download otomatis untuk aplikasi yang Anda install di iphone Anda. Biasanya aplikasi akan melakukan update atau pembaharuan secara otomatis. Apabila Anda sama sekali belum pernah menyentuh pengaturan ini, biasanya App Store akan menggunakan data seluler untuk mengunduh secara otomatis.

Nah jadi Anda bisa mengatur pengaturan ini agar hanya aktif ketika terhubung dalam jaringan wifi. Pengaturan ini bisa Anda arahkan dari “Settings -> iTunes & App Store”. Kemudian nonaktifkan pilihan “Use Cellular Data”.

Itulah beberapa poin tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat menghemat data internet Anda. Apabila Anda kurang puas dengan penerapan diatas. Anda bisa menggunakan aplikasi atau fitur tambahan lainnya di iphone yang juga dibahas pada artikel woiden lainnya.