Dari sekian banyaknya virus yang berjamur di perangkat komputer, ada beberapa virus yang benar-benar paling menjengkelkan. Salah satu virus komputer itu adalah Virus Shortcut yang biasanya kita temui pada perangkat flashdisk. Virus ini akan membuat beberapa file shortcut yang tidak dapat dihapus atau ketika file ini dihapus akan muncul kembali. Virus komputer ini sangat rentang dialami pada perangkat flashdisk yang sering berpindah-pindah perangkat komputer secara bergilir ataupun menggunakan komputer publik seperti warnet atau komputer percetakan.

Risihnya dari virus ini akan membuat semua file, termasuk gambar, video, program dan folder yang berada dalam flashdisk menjadi format shortcut. Namun tenang saja karena ini hanya merupakan tipuan yang dimana file asli dari perangkat berada tersembunyi dari kapasitas flashdisk. Jadi Anda hanya perlu menampilkan kembali file hidden ini dan membasmi virus komputer shortcut tersebut. Ada tiga metode langkah yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini:

Menghapus Virus Shortcut Dari CMD (Command Prompt)

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan fungsi dari virus ini agar langkah kedepannya yang Anda lakukan tidak sia-sia. Dikarenakan virus ini tidak dapat dihapus atau terus menerus membuat file shortcut walaupun telah dihapus. Jadi Anda harus menonaktifkan akarnya dulu melalui Command prompt seperti berikut ini:

  1. Buka CMD, cara arahkan “Start” -> “Run” -> “Command Prompt” atau “CMD.exe”.
  2. Kem udian arahkan ke folder flashdisk Anda, caranya menggunakan perintah berikut:
    • attrib -h -r -s /s /d g:*.*
    • Sesuaikan huruf berwarna merah diatas sesuai lokasi flashdisk Anda(Apabila berada di drive “F”, maka ubah menjadi “f”).
  3. Kemudian ketikan perintah berikut ini:
  4. del *.lnk
  5. Lalu tekan Enter dari keyboard.

Apabila langkah ini tidak memberikan hasil yang Anda harapkan atau terlalu sulit untuk Anda terapkan, maka silahkan ikuti metode berbeda dibawah ini:

Menghapus Virus Shortcut Menggunakan EaseUS

Ada salah satu software ringan yang bisa Anda gunakan untuk menghapus virus shortcut dari komputer Anda. Software ini disebut dengan EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini bahkan dapat Anda download secara gratis untuk mengatasi berbagai virus yang Anda alami di komputer Anda. Sebelum Anda mencoba menggunakananya, silahkan Anda download melalui tautan dibawah ini:

  • https://www.easeus.com

Penggunaanya juga sangatlah sederhana seperti langkah dibawah ini:

  1. Buka Software EaseUS
  2. Kemudian arahkan ke folder Flashdisk Anda, lalu pilih menu “Scanning”.
  3. Setelah itu software akan menampilkan semua folder yang tersembunyi serta intervensi apa saja yang bisa Anda lakukan.

Menghapus Virus Shortcut Dengan Smadav

Salah satu antivirus lokal dan ringan yang benar-benar memberikan segudang manfaat adalah Smadav. Antivirus ini mungkin tidak asing lagi bagi Anda, jadi selebihnya mungkin cukup unduh smadav (jika belum Anda miliki), kemudian lakukan scanning ke folder yang Anda tuju.

Selanjutnya, pada tab “Hidden Files”, silahkan Anda checklist semua daftar yang merupakan file Anda yang tersembunyi. Kemudian centang pilihan “Unhide All” atau “Unhide Checked”.

Langkah ini sangat mudah dan dapat diterapkan di hampir semua komputer windows dengan berbagai macam versi operating system. Namun jika ada beberapa pertanyaan mendesak yang Anda alami, maka silahkan mencoba untuk memberi tahu ke kami melalui kolom yang disediakan dibawah.