Menghapus Suara Mute Smartphone - Woiden

Cara Menghapus Suara Dalam Video Dari HP Android dan iOS

Diposting pada

Mengedit sebuah video menggunakan perangkat desktop seperti komputer atau laptop adalah langkah yang lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang. Hampir bahkan sebagian besar editor professional menggunakan perangkat desktop sebagai alat editing mereka.

Memang menggunakan perangkat desktop sebagai alat editing diklaim lebih layak karena fitur dan fungsi yang tersedia lebih lengkap ketimbang menggunakan perangkat portable lainnya. Namun jika kebutuhan editing hanya sederhana, misalnya seperti cutting dan sebagainya. Mungkin menggunakan perangkat portable seperti tablet maupun smartphone bisa menjadi alat yang instan untuk digunakan.

Editing sederhana seperti cutting part, audio, watermark, scale, dan beberapa fungsi sederhana lainnya itu bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Berkat kecanggihan teknologi yang mulai disematkan pada berbagai perangkat smartphone membuat banyak fungsi yang biasanya hanya ditemui pada perangkat pc, kini dapat ditemui pula di perangkat mobile.

Salah satu fungsi editing video yang umum dibutuhkan oleh beberapa editor adalah fungsi untuk menghapus suara atau audio dari sebuah video. Ada banyak alasan seseorang ingin melakukan hal ini, misalnya saja ketika hendak menambahkan backsound untuk video tersebut. maka langkah paling baik adalah menghapus terlebih dahulu audio bawaan yang terekam oleh mikrofon saat pengambilan gambar. Lalu kemudian menambahkan audio latar belakang yang diinginkan.

Nah untuk langkah seperti yang dijelaskan tersebut. Maka tidak perlu repot-repot menggunakan perangkat pc. Terlebih jika file dari video Anda memang berasal dari penyimpanan smartphone Anda. Maka Anda cukup mengeditnya langsung dari perangkat Anda.

Cara Menghapus/Mute Audio Dalam Video Dari HP

Untuk memulai menghilangkan suara dari dalam video. Anda mungkin membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus Anda install di smartphone Anda. Sebab sebagian besar smartphone kemungkinan belum memiliki aplikasi editing bawaan perangkat yang mendukung untuk fungsi ini. Maka solusinya, Anda bisa menginstall aplikasi pihak ketiga yang mendukung untuk menghapus audio dari video.

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) Di iOS 13

Salah satu aplikasi yang mendukung fungsi editing mute untuk video adalah Mute Video Silent. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat iPhone dan iPad. Untuk mendapatkan aplikasi ini, cukup ikuti tautan resmi dibawah ini untuk mulai menginstall aplikasinya:

Android: https://woiden.com/go/h2lzet
iOS/iPhone: https://woiden.com/go/yRP7w6

Cara menggunakan aplikasinya cukup mudah, Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut kemudian menjalankannya. Setelah aplikasi terbuka di jendela smartphone Anda. Telusuri video yang hendak Anda edit. Saat video selesai dimuat dari dalam aplikasi ini. Anda bisa langsung menghapus audio dari video tersebut hanya dengan mengetuk ikon mute dari dalam aplikasi. Kemudian menyimpan videonya kembali ke penyimpanan smartphone Anda.

Cara Menghapus Suara Video Tanpa Aplikasi Di HP Android

Apabila Anda enggan untuk menggunakan salah satu aplikasi apapun di smartphone Anda selain aplikasi bawaan. Maka itu bukan hal mustahil. Mungkin Anda berpikiran untuk terlalu rumit untuk menginstall aplikasi ketika Anda hanya ingin menghapus audio dari satu video saja. Maka Anda adalah salah satu dari orang tersebut, alternatif yang bisa Anda gunakan adalah memanfaatkan aplikasi online yang banyak tersedia di beberapa situs internet. Salah satunya seperti Kapwing Mute Video (https://woiden.com/go/pAXZbN).

Situs ini cukup mudah untuk digunakan ketika Anda hendak menghilangkan audio dari video. Anda hanya perlu mengakses situs tersebut melalui web browser bawaan smartphone Anda, kemudian mengunggah video yang Anda tuju ataupun memasukan url/link dari video jika video yang Anda tuju berasal dari internet. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai aplikasi online ini selesai memproses video Anda. Setelah selesai, video Anda siap untuk diunduh kembali dengan tanpa audio lagi.

BACA JUGA  Cara Sembunyikan Aplikasi, Foto, Video dan Game di Android