Safari browser merupakan aplikasi browser bawaan dari setiap perangkat Apple, termasuk di perangkat gadget iPhone atau iPad. Selayaknya dengan beberapa internet browser umum lainnya, Safari juga menerapkan berbagai fitur yang serupa dengan browser terkemuka lainnya seperti Jendela Tab Browser, Jendela Download, pengaturan history, mode baca, dan banyak lagi.

Terlebih akses yang diterapkan dalam browser tersebut termasuk salah satu yang cepat dari browser terkemuka lainya. Tidak heran mengapa pengguna perangakt Apple biasanya sudah cukup puas dalam menggunakan internet browser safari ketimbang harus menginstall aplikasi browser tambahan lainnya di perangkat mereka.

Meskipun hampir segalanya serupa dengan browser umumnya lainnya, tetap safari menerapkan fitur-fitur dan pilihan menu yang tata letaknya berbeda-beda. Termasuk fitur setelan history atau riwayat browser. Terkhusus pada iPhone, pengaturan riwayat browsing tidak dapat diakses dari dalam aplikasi. Sehingga beberapa orang yang hendak mengahpus riwayat browsing mereka, mulai kebingungan, terlebih bagi mereka pengguna baru.

Untuk setelan riwayat browser ini dapat Anda tampilkan melalui jendela setelan iphone Anda, lebih detailnya seperti yang dijelaskan pada langkah berikut ini:

Cara Hapus Riwayat Browsing Safari di iOS (iPhone/iPad)

Untuk menghapus riwayat browsing safari di smartphone Anda, Anda tidak perlu menjalankan safari browser. Pertama Anda hanya perlu membuka jendela “Settings”, kemudian gulir menu kebawah hingga Anda menemukan pilihan “Safari”.

Nah dalam menu inilah Anda dapat melakukan beberapa setelan untuk aktivitas browsing Anda di safari browser. Termasuk untuk menghapus riwayat jelajah internet Anda dengan cara mengetuk pilihan “Clear History and Website Data” atau “Bersihkan Riwayat & Data Situs Web”. Kemudian ketuk kembali konfirmasi pengahapusan pada menu popup yang muncul dibawah layar.

Tunggu hingga beberapa saat hingga riwayat Anda terhapus dan setelah Anda mengakses kembali safari browser. Maka seluruh jendela history akan kosong kembali seperti semula. Anda hanya perlu melakukan langkah yang sama kedepannya ketika Anda ingin menghapus riwayat browsing Anda atau untuk melakukan pengaturan tambahan lainnya yang dibutuhkan.