Cara Menghapus File Tanpa Melalui Recycle Bin di Windows

Diposting pada

Apabila Anda pernah atau saat ini masih menggunakan komputer dengan Operating system Windows. Maka Anda pasti tahu fungsi dari Recycle Bin. Secara umum fungsi ini merupakan folder sampah yang menampung seluruh file yang dihapus di komputer sebagai tahap akhir sebelum Anda menghapus file itu selamanya.

Dengan makna lain, keunggulan dari  fungsi ini sebagai backup untuk mengantisipasi jika suatu saat Anda salah menghapus sebuah file atau berpikir kembali untuk memulihkan file yang telah Anda hapus. Sehingga fungsi ini bisa memulihkan semua file yang telah dihapus sebelum Anda hapus secara permanen.

Dilihat dari fungsinya nyatanya sangat bermanfaat. Namun, ada kala dimana seseorang benar-benar ingin meniadakan fitur ini di komputer mereka. Biasa mereka menggunakan fitur ini pada komputer rentalan atau sebagai. Tapi diluar ini, entah apapun alasannya. Anda bisa menghilangkan Recycle Bin dari komputer windows Anda. Namun dengan konsekuensi bahwa file yang telah Anda hapus nantinya akan benar-benar terhapus secara permanen.

Dengan pertimbangan macam hal. Jika Anda benar-benar ingin menerapkannya. Silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Menyesuaikan Pengaturan Recycle Bin

Tahap pertama disini, Anda harus mencari Recycle Bin di Desktop atau layar utama windows Anda. Kemudian klik kanan ikon “Recycle Bin”. Lalu pilih “Properties”.

Saat berada di jendela properties dari recycle bin. Anda akan melihat menu bagian “Settings fot selected location”, tepatnya di tab “General”. Dari sana, centang untuk pilihan “Don’t move file to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted.”

Setelah Anda memastikan untuk telah mencentang pilihan yang disebutkan diatas dan beberapa pengaturan lainnya yang Anda inginkan. Selanjutnya, Ana cukup menekan tombol “OK” atau “Apply” untuk benar-benar menerapkan pengaturan Anda sepenuhnya.

BACA JUGA  Cara Menghapus Virus Shortcut di Windows

Kedepannya, saat Anda menghapus sebuah file. File itu tidak lagi akan di alihkan ke folder Recycle Bin. Melainkan file yang Anda hapus itu akan sepenuhnya terhapus. Jadi Anda tidak memiliki cadangan lagi. Namun tentu itulah yang Anda inginkan.