Anda mungkin cukup dibuat hemat dengan sisa penyimpanan di iphone atau ipad Anda yang kian hari kian terkuras. Sehingga mungkin Anda harus merelakan beberapa foto atau video Anda untuk dihapus atau bahkan harus Anda pindahkan ke perangkat lainnya.

Seperti yang kita ketahui, khususnya pada ios 11, 12 atau lainnya, iphone atau ipad memiliki penyimpanan yang terbilang sangat banyak pada systemnya. Diperangkat woiden sendiir, System bahkan mencapai penyimpanan hingga 9 GB. Entah apa saja yang terdapat didalam folder system ios ini. Namun ini benar-benar cukup menyita banyak ruang. Terlebih jika Anda ingin sekali menginstall game, namun terkendala dengan kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Mengesalkannya lagi bahwa tidak banyak aplikasi yang tersedia yang dapat membantu kita utnuk dapat membersihkan sisa penyimpanan internal memory iphone atau ipad kita. Tidak selayaknya Android yang dimana beberapa file sampah biasanya tersimpan di DCIM dan thumbnails. Bahkan di Android, ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google play store untuk dapat digunakan membersihkan file-file yang tidak digunakan di penyimpanan perangkat.

Lain halnya di iphone, Anda harus memutar otak atau solusi paling mudah yakni dengan memanfaatkan penyimpanan awan iCloud yang nyatanya juga memiliki batasan dan mengharuskan Anda membayar biaya bulanan untuk mendapatkan kapasitas lebih dari batasan gratis yang diberikan. Cukup menyita bannyak biaya memang untuk memiliki sebuah perangkat dari Apple. Memang sudah segoyanya Anda mengetahui hal tersebut disaat Anda membeli perangkat Anda. Tidak ada yang salah pada penjualan iphone dan ipad, hanya saja mungkin sudah tidak layaknya Anda memiliki perangkat iphone atau ipad dengan kapasitas dibawah 32 GB untuk alasan jangka panjang.

Nah untungnya ada solusi terbaik yang ditawarkan oleh salah satu aplikasi yang kompatibel di iOS 4 hingga ios 12. Aplikasi ini bernama iCleaner Pro. Hebatnya dari aplikasi ini memungkinkan untuk membersihkan isi dari file system ios yang benar-benar tidak berguna sama sekali. Sehingga ini bisa menambah sisa penyimpanan lagi. Hanya saja aplikasi ini tersedia secara resmi di App Store. Sehingga untuk mendapatkan aplikasi ini terinstall di perangkat iphone atau ipad Anda. Maka Anda harus menggunakan Cydia untuk menginstallnya di perangkat Anda.

Cara Menginstall iCleaner Pro Di iPhone iOS

Seperti yang diterangkan di paragraf awal diatas, bahwa aplikasi iCleaner Pro ini tidak tersedia resmi di App Store. Melainkan Anda bisa mengunduhnya melalui Cydia. Cydia sendiri selayaknya App Store, namun didalamnya terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi non resmi yang telah dimodifikasi dan aplikasi-aplikasi tweaking atau jailbreak. Nah untuk mendapatkan iCleaner Pro. Tentunya Anda harus memiliki Cydia di smartphone Anda terlebih dahulu. Caranya Anda harus menginstall Cydia langsung dengan mengakses situs dibawah ini langsung dari Safari Web Browser iPhone Anda:

  • https://cydia-app.com/download/

Dari situs ini, gulir kebawah sampai Anda menemukan tombol pilihan bertuliskan “Tap To Install” Ketuk tombol ini, untuk mulai menginstall. Sebuah popup akan muncul ditengah layar iphone Anda. Cukup ketuk install untuk mulai memasang di perangkat Anda. Proses unduhan bisa dilihat di homescreen atau daftar aplikasi di layar iphone Anda.

(Opsional) Apabila iphone Anda tidak merespon sama sekali setelah mengetuk tombol instlal, maka Anda bisa mengunduh file cyda tersebut dalam format .IPA yang tersedia. Kemudian menginstall file tersebut menggunakan cydia impactor di pc Anda. Untuk langkah opsional ini, bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut ini:

Ketika aplikasi cydia terinstall dengan cara langsung, Anda mungkin perlu memberikan izin penggunaanya dari laman profil aplikasi. Anda bisa mengikuti seperti langkah gambar screenshot dibawah ini:

Nah tiba disaat yang ditunggu, setelah aplikasi Cydia terinstall di perangkat Anda. Silahkan Anda jalankan aplikasinya, kemudian lakukan penelusuran untuk aplikasi dengan nama “iCleaner Pro”.

Anda cukup mengisntall aplikasinya melalui Cydia tersebut. Apabila Anda bingung, Anda bisa langsung mengakses tautan dibawah ini kemudian ketuk versi yang Anda ingin untuk mengarahkan Anda langsung untuk membuka jendela Icleaner Pro untuk siap diinstall.

  • https://ib-soft.net/

Penggunaan aplikasi pembersih ini juga cukup mudah, Anda tidak perlu melakukan banyak langkah. Karena semuanya akan dilakukan dengan otomatis sesuai pilihan yang Anda inginkan. Aplikasi ini akan menghapus beberapa file tidak penting dan membebaskan beberapa sisa ruang untuk bisa Anda gunakan keperluan lainnya.