Setiap perangkat windows, khususnya di windows 7 dan vista mungkin memiliki sebuah file yang ukurannya cukup besar. File ini biasanya tersimpan di Drive C:/. Uniknya file ini cenderung memiliki ukuran yang cukup hingga sangat amat besar. Beberapa perangkat bahkan mungkin menemukan file ini di perangkat mereka dengan ukuran hingga 2 Gigabyte.

Tentu dengan ukuran satu file ini, tergolong cukup besar. Terlebih tidak banyak dari kita yang mengetahui apa fungsi dan bagaimana file itu bisa ada. Nah singkatnya file hyberfil.sys memiliki fungsi penyimpanan sementara data tampilan ketika Anda melakukan fungsi Sleep atau Hibernate di komputer (Selain Shutdown).

Ketika Anda melakukan sleep atau hibernate di komputer. Semua data tampilan di layar Anda akan disimpan dalam satu file ini yang nantinya akan dimuat kembali selayaknya sebelum perangkat redup.

Sayangnya setelah pemakaian, data yang tersimpan di file ini tidak akan terhapus secara otomatis hingga semakin sering Anda melakukan fungsi tersebut akan semakin meningkatkan ukuran penggunaan file tersebut. Disitulah terkadang file ini tersimpan dalam ukuran yang sangat besar.

Nah untuk itu, jika Anda mungkin memiliki perangkat yang sudah memliki penyimpanan yang minim. Maka perlu Anda untuk menghapus atau melakukan penonaktifkan fungsi hibernate/sleep di komputer windows Anda.

Ada dua alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus file hiberfil.sys secara langsung atau dengan menonaktifkan fungsi hibernate/sleep di komputer windows Anda. Beberapa langkahnya bisa Anda lihat pada langkah dibawah ini:

Cara Menonaktifkan Fungsi Sleep/Hibernate di Windows 7/Vista/8/10

Untuk windows terbaru di windows vista, 7, 8, atau 10 Anda perlu melakukan cara yang berbeda yaitu melalui perintah di command prompt atau CMD. Caranya Anda hanya perlu menjalankan command prompt tersebut dengan mengetikkan “Command Prompt” atau “CMD.Exe” dari kolom start menu windows.

Kemudian klik kanan dari daftar teratas, lalu pilih “Run as Administrator”. Setelah jendela cmd/command prompt tersebut terbuka. Ketikan perintah berikut:

powercfg -h off

Sekedar info bahwa perintah tersebut adalah fungsi untuk menonaktifkan hibernate/sleep di komputer windows Anda. Sehingga kedepannya Anda mungkin tidak akan melihat tombol sleep/hibernate di samping tombol shutdown lagi.

Namun untuk mengkatifkannya kembali cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan kembali perintah diatas dengan merubah kata kunci “off” menjadi “on” seperti berikut ini:

powercfg -h on

Cara Menonaktifkan Fungsi Sleep/Hibernate di Windows XP

Sedangkan di perangkat Windows XP, ada cara yang berbeda yaitu dengan mengarahkan ke jendela “Control Panel” -> “Power Options Properties” -> Alihkan ke “Hibernate” -> Lalu nonaktifkan menu “Enabled Hibernation”.

Setelah Anda menonaktifkan fungsi ini, selanjutnya Anda sudah bisa mengahpus file hiberfil untuk tidak lagi tersimpan otomatis di penyimpanan komputer windows Anda.