Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network) di Komputer PC

Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan bagaimana Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network) di Komputer PC.

Virtual Private Network merupakan teknologi komunikasi yang memungkinkan sebuah perangkat client untuk terhubung ke jaringan publik menggunakan jaringan local dari server yang ditentukan. Umumnya Virtual Private Network digunakan untuk mengakses sebuah laman atau jaringan secara aman, namun juga sering kali digunakan untuk memungkinkan seseorang mengakses situs atau website yang dibatasi dalam suatu negara seperti pembatasan ketersediaan Youtube Red di Indonesia.

Virtual Private Network sendiri dapat Anda gunakan dengan berbagai layanan akun vpn gratis yang tersebar di Internet contohnya fastssh.com.

Situs yang dicantumkan diatas merupakan situs jaringan Virtual Private Network gratis dengan speed yang stabil.

Cara Menggunakan VPN Melalui Software

Ada beberapa layanan yang menyediakan program atau software gratis untuk memudahkan penggunanya untuk mengaktifkan vpn di komputer hanya dengan sekali klik. Namun beberapa mungkin memiliki batasan dari segi kecepatan dan kuota bandwith perakunnya.

Salah satu program yang dapat Anda install untuk mengaktifkan vpn secara mudah di komputer desktop adalah program Softether VPN. Layanan ini sangat mudah digunakan, mari ikuti caranya.

Membuat akun Softehter

  • Silahkan buat akun Softethernya di fastssh.com dan pilih negara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pilih slot yang masih kosong kemudian klik “Create Account”. Seperti gambar dibawah ini :membuat akun softehter vpnSetelah itu isikan username dan password sesuai keinginan kamu, yang pasti mudah diingat seperti gambar dibawah :buat akun vpn
  • Jika sudah selesai membuat akun, akan muncul pemberituan seperti gambar :Create account Softether
  • Setelah itu copy atau kamu ingat username, password, Host IP dan IPSec Pre-Shared Key yang sudah kamu buat.membuat akun vpn gratis

Menggunakan Aplikasi Softether VPN

  • Download dan install Softether VPN Client Manager di sini : softether.org
  • Setelah aplikasi berhasil di install, buka aplikasi tersebut dan pilih add VPN Connection dan jika ada pemberitahuan yang muncul pilih tombol “Yes” dan Pilih “OK” untuk melanjutkan proses instalasi Virtual Network Adapter.instal VPN
  • Tunggu hingga Proses Install selesai, gambar dibawah memberitahukan bahwa instalasi selesai.proses install vpn
  • Setelah itu klik 2x Add VPN Connection dan atur sesuai gambar di bawah ini :Setting Akun VPN
  • Jika sudah klik kanan pada server yang kamu buat, dan klik “Connect”koneksikan akun softether
  • Jika server terkoneksi akan seperti ini :Server VPN Terkoneksi

Cara Menggunakan VPN di Windows PC

Perangkat Windows memiliki fungsional bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan akun VPN tanpa harus menginstall software tambahan apapun. Disini admin woiden menggunakan windows 10 sebagai contohnya. Lebih jelaskan arahkan sesuai langkah dibawah ini:

  1. Klik menu Notification pada windows dan pilih VPN, atau Masuk menu “Setting” dan pilih VPN kemudian pilih “Add a VPN connection.setting vpn di windows 10
  2. Kemudian isilah sesuai dengan akun yang kamu buat, seperti contoh pada gambar dibawah :Pengaturan VPN di Windows
  3. Kemudian klik server yang sudah dibuat dan pilih “Connect”Pengaturan VPN Windows
  4. Setelah itu isi username akun dan password akun kamu dan tekan “OK”Setting akun vpn windows
  5. VPN kamu berhasil terkoneksiMengkoneksikan VPN tanpa aplikasi

Cara Menggunakan VPN di Mac OS

Hampir semua perangkat desktop itu memiliki fungsional bawaan untuk menjalankan akun vpn secara mudah, termasuk pada perangkat Macintosh. Anda bahkan dapat menggunakan jaringan virtual melalui system preferences atau lebih jelasnya seperti langkah berikut:

  1. System Preferences
  2. Network
  3. Klik ikon tanda tambah +
  4. pada bagian Interface pilih VPN, VPN Type pilih PPTP atau L2TP, dan service name isikan sesuai nama yang Anda inginkan untuk jaringan yang akan dibuat.
  5. Pada jendela popup Name, masukan sesuai nama yang Anda inginkan, kemudian pilih “Create”.
  6. Pada jendela vpn, masukan alamat domain/ip server dan account name (username) akun vpn Anda.
  7. Kemudian pilih “Authentication Settings…”, lalu lengkapi password VPN Anda. Lalu pilih “OK”.
  8. Kembali ke jendela desktop mac Anda, buka menu toolbar ikon network.
  9. Anda akan melihat daftar baru untuk jaringan VPN Anda, cukup hubungkan untuk jaringan ini untuk mulai mengaktifkan VPN Anda.

Itulah beberapa Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network) di Komputer PC. Jika Anda masih kebingungan untuk mengaktifkan fungsi ini, jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan Anda melalui kolom komentar dibawah.

Satu tanggapan untuk “Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network) di Komputer PC

Komentar ditutup.