Smartphone sebagai perangkat portable yang mudah dibawah kemanapun bisa memberikan berbagai manfaat dan fungsional yang hampir menyerupai pada perangkat komputer umumnya. Walaupun secara detail dan rinci smartphone tidak bisa melakukan hal yang sama di komputer, namun sebagian besar bisa mewakili dengan alternatif yang disediakan sejak bawaan smartphone dengan operating system Android maupun iOS/iPhone.

Salah satu fungsional itu, seperti pengguaan VPN atau kepanjang dari Virtual Private Network). Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di artikel woiden yang berbeda, dimana jaringan virtual merupakan salah satu teknologi telekomunikasi yang memungkinkan perangkat dapat terhubung ke berbagai jaringan publik melalui jaringan local yang disediakan oleh server tertentu. Dari perantara server inilah yang membuat perangkat dapat mengakses berbagai situs yang dibatasi oleh suatu negara.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan jaringan vpn. Namun sebagian pengguna mungkin mengunakan jaringan ini untuk mengakses situs-situs yang melanggar hukum seperti situs pornografi atau judi. Ini tentu sangat-sangat woiden tidak anjurkan. Jika itu adalah tujuan utama Anda menggunakan jaringan virtual ini, maka silahkan tinggalkan artikel ini. Namun jika untuk tujuan lainnya, Anda boleh melakukannya dengan resiko penggunaan yang tidak kami tanggung.

Lebih rincinya mengenai cara menggunakan jaringan virtual private network untuk perangkat smartphone atau tablet Android dan iOS, bisa dilihaat dibawah ini:

Cara Mendapatkan Akun VPN Gratis

Sebelum Anda melangkah ke cara mengaktifkan jaringan ini, terlebih dahulu pastikan bahwa Anda memiliki akun virtual private network yang akan Anda akses nantinya. Akun ini terbagi menjadi alamat server/ip, username/id, dan password. Ketiga inilah yang nantinya dibutuhkan untuk mengakses jaringan virtual ini.

Namun jika Anda belum memiliki akun jaringan virtual ini, silahkan mengakses situs virtual private network gratis seperti berikut ini:

  • http://www.superfreevpn.com
  • https://hide.me/id/
  • https://www.betternet.co/id
  • https://id.vpnmentor.com

Beberapa situs ini bahkan tidak membutuhkan langkah registrasi sedikitpun yang dimana alamat server/ip, username dan password dicantumkan langsung dihalaman utama. Selain itu perlu Anda ketahui jaringan virtual gratis biasanya hanya dibatasi oleh penggunaan bandwith atau kuota dan kecepatan terbatas. Jadi jika Anda menginginkan akses lebih dan kecepatan lebih. Maka Anda bisa membelinya di berbagai penyedia atau provider di internet ataupun kepercayaan Anda.

Cara Menggunakan VPN Melalui Setelan

Sebagian besar perangkat smartphone atau tablet itu sudah dilengkapi dengan fitur pengaktifan Virtual Private Network melalui setelan atau settings di perangkat. Jadi Anda cukup mengarahkan ke pengaturan yang tepat seperti dibawah ini:

Android: Settings -> Wireless & Network -> More -> VPN -> Add Connection (+)

iOS/iPhone: Settings -> General -> VPN -> Add VPN Configuration

Dari jendela menu ini, Anda bisa menambahkan akun jaringan virtual Anda termasuk alamat Server/IP, username/ID, dan password jaringan virtual Anda.

Namun pastikan juga Anda memilih jenis koneksi yang tepat misalnya, PPTP, L2TP, IPSec, IKEv2, SSTP dan lainnya. Jenis jaringan ini bisa Anda lihat saat Anda mendapatkan akun jarigan virtual Anda.

Cara Menggunakan VPN Melalui Aplikasi

Jika Anda kebingungan untuk menggunakan jaringan melalui setelan atau pengaturan seperti langkah diatas. Maka salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Di Play Store dan App Store sendiri terdapat beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda mengaktifkan Virtual Private Network secara gratis bahkan tanpa harus memiliki akun terlebih dahulu yang dimana akun disediakan oleh aplikasinya langsung. Beberapa aplikasi ini seperti berikut ini:

  • https://www.operavpn.com
  • https://www.tunnelbear.com
  • https://hide.me
  • https://www.expressvpn.com

Ada banyak aplikasi virtual private network gratis yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Semua daftar itu tidak bisa disebutkan hanya dalam satu artikel saja. Jadi jika dari ke-4 aplikasi diatas tidak sesuai dengan harapan Anda. Maka Anda bisa mencoba mencari salah satu dari yang terbaik untuk perangkat Anda.