Anda mungkin tertarik dengan salah satu fitur bawaan iOS yang disebut dengan Assistive Touch. Fitur ini merupakan tombol menu melayang atau mengambang di layar smartphone untuk memudahkan aktivitas jalan pintas. Misalnya untuk membuka atau mengaktifkan fitur melalui tombol tersebut tanpa harus menyentuh tombol fisik smartphone.

Untuk itulah mengapa beberapa orang lebih memilih mengaktifkan fitur ini untuk meminimalisir penggunaan tombol fisik smartphone agar tidak cepat usang. Manfaat lainnya, Anda memungkinkan untuk menjalankan aplikasi apapun yang mungkin cenderung ribet untuk diaktifkan, misalnya untuk mengaktifkan salah satu fitur dari setelan/settings smartphone.

Fitur tombol melayang ini pertama kali populer di iPhone 5 yang dimana kala itu beberapa pengguna iPhone 5 mengklaim bahwa tombol fisik mereka cenderung mudah rusak karena pemakaian yang sangat sering. Untuk itulah Apple menyediakan fitur berupa tombol melayang ini.

Seiring ketenarannya, fitur ini juga ternyata menarik pengguna Android, sehingga untuk saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang memiliki fitur tombol menu melayang tersebut. Termasuk pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara menggunakan tombol menu melayang di smartphone Android selayaknya smartphone iPhone. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Cara Menggunakan Tombol Menu Mengambang Seperti iOS di Android

Dalam daftar Google Play Store sendiri, tersedia banyak sekali aplikasi serupa yang memungkinkan untuk penggunaan fitur assisitive touch tersebut. Namun beberapa aplikasi yang populer seperti EasyTouch For Android dan Assistive Touch For Android. Kedua aplikasi ini gratis untuk Anda install di smartphone Anda. Aplikasi ini bisa Anda install melalui tautan pintas dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/EirUDX
  • https://woiden.com/go/cEoPzu

Penggunaan aplikasi ini juga mudah, dimana Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut. Kemudian menjalankan aplikasinya untuk melihat semua rincian menu yang dapat Anda tambahkan. Beberapa menu bawaan yang tersedia seperti tombol Recent App/Kembali, Screenshoot, Menu, Waktu, dan beberapa lainnya.

Namun Anda juga dapat menambahkan aplikasi eksternal yang mungkin Anda ingin tambahkan sebagai tombol shortcut atau jalan pintas. Hampir seluruhnya aplikasi dapat ditambahkan, termasuk web browser chrome, pesan, aplikasi sosial media, dan beberapa fitur setelan lainnya.