Blogspot atau Blogger merupakan flatform CMS yang cukup populer digunakan sebagai basis dari beberapa situs blog yang banyak ditemui di Internet. Sama halnya pada WordPress, kedua platform ini juga merupakan basis CMS (Content Management System) yang cukup populer.

Tidak heran di internet saat ini, khususnya situs blog atau berita sebagian besar didominasi oleh kedua situs dengan platform tersebut. Selain karena pengelolaannya yang terbilang mudah, juga memberikan akses leluasa untuk pengelola dan pengunjungnya dalam melakukan berbagai fitur dan fungsional.

Meskipun keduanya memiliki intensitas pengguna yang cukup sebanding, namun keduanya tetap memiliki segmentasi pengguna yang dimana umumnya pengguna yang ingin melakukan fungsional lebih luas, cenderung memilih menggunakan basis WordPress.org atau Self hosting. Begitu juga sebaliknya dengan blogger yang lebih ringkas dalam pengelolaannya.

Sayangnya kedua situs ini memiliki basis dan fungsi yang berbeda, mulai dari tema/template, script, dan sebagainya. Tidak heran beberapa fungsi yang biasanya ditemukan di wordpress self host itu tidak mudah untuk dilakukan bahkan beberapa tidak memungkinkan juga diterapkan di Blogspot. Termasuk salah satunya adalah Tema atau Template sebagai tampilan desain dari sebuah situs blog tersebut.

Nah untungnya di artikel kali ini akan dijelaskan secara ringkas mengenai bagaimana cara menggunakan tema atau template dari blogspot atau blogger di WordPress dengan sangat mudah. Bahkan tanpa memerlukan keahlian coding sekalipun. Lebih jelasnya, bisa Anda lihat pada langkah dibawah ini:

Langkah 1: Konversi Situs Menjadi File Halaman Statis

Langkah pertama yang musti Anda lakukan adalah dengan mendapatkan file statis dari situs blogger/blogspot Anda. Ada beberapa software yang dapat membantu Anda melakukan langkah ini dengan mudah. Salah satunya adalah HTTrack Website Copier. Software ini dapat Anda download melalui tautan dibawah ini:

  • https://www.httrack.com/

Untuk memulai langkah konversi, Anda harus menggunakan Server-Side untuk membuat softrware dapat mendapatkan semua file data dari website yang Anda tuju sepenuhnya. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengeskpor file konten/artikel apabila Anda ingin menyalin semuanya tanpa terkecuali.

Langkah 2: Install Plugin di WordPress

Langkah kedua berikutnya adalah menginstall plugin yang memungkinan dapat membaca file statis yang telah Anda download menjadi semua template atau tema dari situs wordpress Anda. Untungnya plugin ini sangat mudah untuk digunakan. Jadi silahkan Anda install melalui tautan dibawah ini:

  • https://wordpress.org/plugins/import-html-pages/

Dari dalam plugin ini, Ada beberapa fitur dan fungsi yang mungkin perlu Anda sesuaikan, misalnya pembuatan laman posting atau laman statis/homepage. Serta beberapa fungsi Beginning directory, Process files with these extensions, Skip directories with these names, dan beberapa fungsi lainnya. Sayangnya plugin ini berbahasa inggris, maka dari itu woiden harap Anda sedikitnya mengetahui artinya.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua situs blogspot memungkinkan untuk dapat di konversi. Dimana ada beberapa template yang benar-benar memiliki integrasi dan encrypt yang cukup kuat dan memengaruhi tampilan desain. Sehingga ini juga perlu menjadi sebagia pertimbangan Anda.