Mode aman atau yang biasanya disebut dengan Safe Mode merupakan salah satu fungsi terbaik yang umumnya didapatkan pada perangkat desktop. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk tetap aman dari aplikasi atau software pihak ketiga yang melakukan perubahan system tidak diinginkan. Sehingga fungsi ini lebih membuat perangkat jauh lebih aman dari ancaman malware seperti virus dan sebagainya.

Nah hebatnya fungsi safe mode ini juga tersedia pada perangkat mobile, tepatnya di smartphone Android. Sama seperti di perangkat desktop, fungsi mode aman di Android juga memungkinkan Anda lebih aman dari aplikasi yang melakukan perubahan di system atau fungsional perangkat.

Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan mode aman ini, yakni ketika Anda mengaktifkan mode aman di smartphone Anda. Maka semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan sementara selama penggunaan. Aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi yang Anda install sendiri setelah membeli perangkat Anda, misalnya aplikasi Instagram, Facebook, dan beberapa aplikasi dan  game lainnya.

Sedangkan untuk aplikasi yang masih berjalan di safe mode ini adalah aplikasi bawaan Android, seperti SMS, Telepon, Youtube, Gmail, dan sebagainya yang termasuk aplikasi bawaan atau Built-in App. Sehingga jangan heran jika ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan atau tidak dapat dijalankan saat penggunaan mode aman tersebut.

Selain dari itu, Anda hanya perlu masuk ke mode aman dengan sangat mudah. Seperti yang dijelaskan lebih rinci dibawah ini:

Cara Masuk Ke Mode Aman HP Android

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perangkat Android mendukung fungsi Mode aman ini. Sehingga mungkin hanya ada beberapa tipe smartphone yang mendukung. Nah jika smartphone Anda tidak mendukung, Anda bisa menggunakan alternatif aplikasi berikut ini yang bisa Anda install langsung melalui tautan google play store.

  • https://woiden.com/go/gAVz17

Sedangkan untuk perangkat yang mendukung fungsi safe mode sejak bawaan, itu cukup mudah untuk diaktifkan. Caranya, Anda hanya perlu Tekan dan Tahan Tombol Power/Daya, hingga menu popup menonaktifkan smartphone muncul ditengah layar seperti gambar dibawah ini.

Setelah layar menu nonaktivasi smartphone muncul, maka Tekan dan Tahan Tombol Ikon Power hingga menu popup konfirmasi safe mode muncul seperti pada gambar diatas. Pada layar diatas, Anda hanya perlu mengetuk pilihan “OK” untuk mulai masuk ke Mode Aman smartphone Anda.

Smartphone Anda mungkin akan mengalami reboot/restart terlebih dahulu sebelum masuk ke mode Aman. Ikuti langkah yang diarahkan oleh smartphone Anda dan mulai menggunakan mode aman di smartphone Android Anda. Untuk mengetahui mode aman telah aktif atau tidaknya, bisa Anda lihat logo atau badget Safe mode yang terletak di pojok kiri bawah layar smartphone Anda.