Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Repeater

Diposting pada

Anda mungkin memiliki perangkat laptop atau komputer yang memiliki jangkauan jaringan wifi yang tidak luas. Ini biasanya dialami pada perangkat netbook yang hanya dapat menjangkau wifi dengan jarak beberapa meter saja, terlebih ketika dibatasi oleh dinding atau lantai. Hal ini amat sangat membuat kita kesal ketika jaringan tidak tergapai dengan maksimal, sehingga bisa berdampak dimana selancar internet Anda kadang terputus seketika.

Beberapa solusi umum yang biasanya dilakukan adalah dengan memindahkan router wifi ke tempat yang lebih dekat, memanfaatkan tambahan router bekas atau dengan menggunakan alat wifi extender/repeater yang bisa dibeli di toko komputer atau toko online dengan harga yang lumayan menguras. Alat ini biasanya berkisar harga mulai 100 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung merek, kualitas dan jarak frekuensi yang bisa dijangkau. Tentu tidak semua pengguna bisa atau mau membeli alat bantu ketika mereka hanya membutuhkan alat tersebut sesekali saja, mengingat harga segitu tidaklah seperti membeli kerupuk di warung, terlebih untuk perangkat yang murah itu rentang sekali mengalami kerusakan dalam waktu singkat.

Nah untungnya ada solusi yang bisa Anda gunakan ketika Anda ingin menggunakan wifi repeater atau wifi extender tanpa harus membeli perangkat tambahan. Solusi ini memanfaatkan perangkat Android sebagai wifi externder dengan menggunakan aplikasi bernama NetShare. Aplikasi dapat Anda unduh gratis melalui Google Play Store secara gratis dibawah atau melalui situs apk downloader di internet.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=kha.prog.mikrotik

Aplikasi ini bahkan dapat Anda gunakan tanpa melakukan rooting sekalipun. Sehingga ini bisa diterapkan di hampir sebagian besar perangkat Android. Selebihnya mengenai langkah penggunaanya sebagai berikut:

Cara Menggunakan Android Sebagai Wifi Extender

Setelah aplikasi ini terinstall di perangkat Android Anda, Anda cukup menghubungkan perangkat Android Anda ke jaringan wifi yang Anda tuju. Kemudian membuka aplikasi NetShare dan mencentang pilihan “Share Internet Connection” dari layar utama.

BACA JUGA  Cara Mengubah ID Device Android di Smartphone Anda

Di layar ini juga Anda akan melihat nama wifi yang disalurkan oleh android Anda beserta password wifi yang dapat Anda gunakan. Sayangnya nama wifi dan password ini tidak dapat Anda ubah untuk versi gratis. Jadi Anda akan disediakan nama dan password wifi secara random. Hebatnya Anda dapat mengelola perangkat mana yang dapat terhubung dan membatasi bandwidth penggunaan jaringan.

Setelah itu Anda hanya perlu menghubungkan komputer, laptop atau perangkat Anda lainnya ke jaringan yang disalurkan oleh Android Anda. Namun Anda tidak dapat menghubungkannya secara langsung, melainkan Anda harus mengubah proxy untuk penggunaan jaringan wifi android ini di perangkat yang ingin Anda hubungkan.

Perangkat yang ingin Anda hubungkan harus menerapkan proxy dan port jaringan Android Anda sebagai berikut:

  • Server Proxy: 192.168.49.1
  • Port: 8282

Selebihnya mengenai cara menerapkan proxy di perangkat tertentu, bisa Anda lihat pada menu help di aplikasi netshare ini. Caranya pilih menu ikon garis 3 horisontal di pojok kanan atas layar aplikasi seperti gambar dibawah, kemudian pilihan “Help”.

Pada popup selanjutnya, Anda cukup memilih perangkat yang Anda ingin hubungkan ke wifi repeater Android Anda. Jadi jika Anda menggunakan komputer windows, maka pilih windows dan begitu juga lainnya.

Dari jendela berikut akan dijelaskan beberapa langkah untuk menerapkan proxy dan port diperangkat yang ingin Anda hubungkan. Setelahnya Anda menerapkan porting dan proxy yang benar, maka Anda sudah dapat menghubungkan perangkat komputer Anda ke jaringan wifi extender Android Anda.

Terkait:

  • cara gunakan aplikasi netsher
  • cara membuat router wifi dg bekas hp