Sangat penting untuk membuat bisnis Anda relevan di Google bagi pelanggan baru yang ingin menemukan atau mengetahui informasi bisnis Anda. Misalnya dengan mencatumkan alamat Anda di Google Maps dan buat konten yang dapat ditelusuri dapat sangat mempengaruhi bagaimana pelanggan potensial dapat menemukan informasi bisnis Anda, baik di web maupun di dunia nyata.

Nah untuk mencantumkan semua informasi itu kontrol algoritme Google, Anda tentu bisa menggunakan layanan google yang semua orang dapat lihat. Layanan ini disebut dengan Google Bisnisku atau Google My Business.

Layanan gratis ini merupakan pusat informarsi yang cukup baik untuk mengendalikan bagaimana bisnis Anda muncul di seluruh layanan dibawah Google. Jika sebelumnya Anda menggunakan Google Places atau Laman/Pages Google+, Google Bisnisku berfungsi sebagai penggantinya.

Dalam satu layanan ini akan ditawarkan satu paket lengkap yang mewakili semua kebutuhan informasi sebuah bisnis dalam satu wadah seperti informasi website, alamat, sosial media, no telepon, ulasan, tingkat kepadatan pengunjung di lokasi bisnis, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang bagaimana memulai, dan beberapa detail penting yang perlu Anda ketahui.

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Bisnisku

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengklaim bisnis Anda. Anda dapat masuk dengan Akun Google Anda atau membuat akun baru untuk tujuan ini. Satu-satunya peringatan dan keharusan untuk mengklaim nama bisnis di Google adalah dengan mencantumkan tempat bisnis Anda. Dan itu harus berupa alamat fisik yang dapat dikunjungi pelanggan.

Anda dapat menambahkan alamat bisnis baru Anda dengan mengarahkan ke tautan berikut ini. Namun tentu Anda harus memiliki akun atau membuat akun baru terlebih dahulu.

  • http://www.google.com/business/

Namun, jika secara kebetulan alamat bisnis Anda telah diverifikasi dan digunakan oleh orang sebelumnya. Anda juga bisa mengajukan klaim alamat bisnis ini seperti yang diuraikan di laman berikut ini:

  • http://support.google.com/business/answer/2911778?hl=en

Tidak jarang alamat bisnis secara kebetulan telah digunakan, mengingat saat ini ada banyak Ruko yang disewakan dan dijadikan alamat google bisnisku oleh pengelola sebelumnya.

Verifikasi Alamat Bisnis

Langkah penting lainnya adalah membuat bisnis Anda diverifikasi di Google. Ini adalah proses yang relatif cepat dimana Google dapat memvalidasi kebenaran bisnis Anda. Hal ini biasanya dilakukan melalui telepon, tapi bisa juga dilakukan melalui email atau bahkan kartu pos.

Sesuai pengalaman woiden.com dan kebanyakan kasus Google melakukan verifikasi dengan mengirim kode verifikasi tertentu melalui pos ke alamat yang Anda masukan. Setelah selesai, Anda mendapatkan ikon biru kecil di sebelah cantuman Anda sehingga semua orang tahu itu sah dan terverifikasi.

Melengkapi Informasi Bisnis

Langkah berikutnya yang harus lakukan adalah melengkapi informasi di dasbor Google Bisnisku Anda. Misalnya seperti lokasi, jam, situs web, nomor telepon dan rincian kontak lainnya. Jadilah isilah sespesifik mungkin. Situs web yang diperbarui secara rutin dengan informasi yang relevan juga akan membantu pengoptimalan mesin telusur situs Anda. Selain itu, detail ini akan muncul di cantuman Google Maps Anda.

Selain kemampuan untuk mengelola informasi bisnis Anda, ada beberapa fitur lain yang mungkin ingin Anda manfaatkan.

Misalnya, Anda dapat melihat gambar yang telah diunggah tentang bisnis Anda atau menambahkannya ke orang lain. Untuk poin bonus Google menawarkan untuk Anda dapat menambahkan fitur untuk foto virtual 360 derajat di lokasi bisnis Anda sehingga pengguna dapat menjelajah dengan mudah dari smartphone atau komputer mereka.

Perhatikan bagian yang menampilkan wawasan, ulasan dan posting. Dengan wawasan, Anda mendapatkan akses ke informasi berharga tentang bagaimana orang lain menemukan bisnis Anda di Google. Ini dapat membantu mengoptimalkan situs website Anda.

Dengan ulasan, Anda dapat melihat pendapat orang lain tentang bisnis Anda. Meskipun Anda tidak dapat mencatatnya, Anda dapat menandainya untuk ditinjau oleh Google jika tidak sesuai atau merespons jika pelanggan tidak puas.

Dasbor Anda juga memungkinkan Anda memposting langsung di Google. Postingan ini muncul sebagai bagian dari hasil penelusuran tentang bisnis Anda dan dapat berfungsi sebagai pembaruan bagi pelanggan Anda sehingga mereka akan segera melihatnya.

Sama seperti dengan jejaring sosial media lainnya, Anda bisa berbagi update melalui Google. Misalnya seperti event/acara yang akan datang atau pesan yang ingin Anda sampaikan.

Untuk membuat postingan ini, pilih “create a post” dan kemudian tambahkan gambar, jika Anda ingin menambahkannya. Anda juga dapat menghubungkan postingan tersebut ke bagian situs web Anda atau menjadikannya sebagai penjualan khusus diwaktu tertentu. Ini adalah cara yang baik untuk mempromosikan sesuatu yang lagi spesial Anda jalankan.

Selain dari itu, Anda dapat menghubungkan Google Analytics dan AdWords ke dasbor Google Bisnisku Anda, sehingga Anda dapat memeriksa kampanye/promosi dan lalu lintas web mana pun. Tools statistic lainnya mungkin tidak dapat ditautkan, mengingat layanan ini hanya ingin meningkatkan kemampuan Anda untuk memeriksa semuanya di satu tempat secara efisien.

Tingkatkan Jumlah Pengunjung Google Bisnisku

Seperti yang ditunjukkan oleh Google sendiri, kehadiran perusahaan di seluler sangat penting bagi perjalanan pelanggan. Sebagian besar pemirsa internet kini berasal dari situs web responsif.

Dan di versi mobile, Google sekarang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan melalui Google Maps. Saat ini, ketika Anda mencari bisnis melalui Google Maps smartphone, Anda akan melihat daftar bisnis, nomor telepon dan “masa populer”, namun baru-baru ini Google juga menambahkan bagian Tanya Jawab di mana Anda dapat langsung terlibat dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.