Secara umum, Apple menyediakan fungsi Live Wallpaper di perangkat iOS untuk diguakan di iPhone atau iPad. Namun sayangnya, opsi animasi gambar yang digunakan hanya mendukung untuk perubahaan warna yang bergelombang dan efek air.

Sehingga ini mungkin terkesan tidak fleksibel selayaknya perangkat Android yang memiliki fungsi tampilan live wallpaper dalam bentuk apapun. Meskipun di iOS menerapkan Live Photo secara bawaan, namun bagaimanapun penggunaan animasi tertentu lebih Anda inginkan.

Untungnya Anda dapat menerapkan fungsi gambar Animasi berformat GIF sebagai wallpaper di iPhone, iPad atau iPod Touch Anda dengan mudah. Anda bahkan dapat menerapkannya tanpa jailbreak. Disini yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi tambahan yang disebut dengan Giphy. Lebih jelasnya mengenai penggunaannya, silahkan simak pada uraian dibawah ini:

Langkah 1: Install Giphy

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi bernama “GIPHY: The GIF Search Engine”. Aplikasi ini tersedia secara resmi di App Store. Sehingga Anda cukup menginstallnya melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/AnR461

Langkah 2: Mencari Gambar GIF Yang Diinginkan

Setelah aplikasi terinstall, Anda cukup menelusuri gambar GIF Animasi yang Anda inginkan melalui fitur penelusuran aplikasi Giphy tersebut. Pastikan untuk memilih gambar yang sesuai dengan resolusi layar iPhone Anda agar animasi benar-benar tampil dengan sempurna tanpa adanya sisi yang terpotong nantinya.

Langkah 3: Menyimpan GIF Sebagai Photo Live

Setelah Anda mendapatkan gambar GIF yang dinginkan. Anda kemudian ketuk ikon elipsis (•••) di bagian bawah gambar yang tuju. Lalu pilih ikon “Live Photos” (Lingkaran dalam lingkaran). Setelah itu dua menu popup akan tampil yang dapat Anda tuju yaitu:

  • Save as Live Photo (Full Screen)
  • Save as Live Photo (Fit to Screen)

Anda cukup memilih full screen untuk menerapkan gambar untuk seutuhnya keseluruhan layar perangkat. Begitu halnya ketika Anda ingin menggunakan fit to screen saat Anda ingin membuat gambar menyesuaikan dengan resolusi layar.

Langkah 4: Menerapkan Gambar GIF Sebagai Wallpaper

Setelah Anda memilih salah satu pilihan, ini akan memuat gambar menjadi live photos dan tersimpan di penyimpanan smartphone Anda. Semua gambar GIF yang telah di convert akan tersimpan di aplikasi Photos, tepatnya di album Camera Roll sebagai album Live Photos.

Dari sini, Anda cukup membuka hasil konversi gambar gif tersebut, kemudian ketuk pilihan “Set” -> “Set Lock Screen”. Setelah itu, smartphone Anda akan menerapkan gambar gif tersebut sebagai animasi live wallpaper di perangkat Anda.