Beberapa waktu yang lalu sebelum artikel ini diterbikan, Instagram telah merilis salah satu fitur andalan mereka yang disebut dengan NameTag. Fitur ini memiliki kemampuan untuk memudahkan penggunanya saling terhubung satu sama lain secara ringkas.

Intinya fitur ini berfungsi selayaknya barcode yang dapat melakukan scanning atau pemindai username yang ditampilkan dari layar aplikasi nametag instagram seseorang. Sehingga ketika seseorang ingin melakukan melakukan penelusuran atau ingin saling mengikuti, mereka cukup membuka layar nametag di aplikasi instagram mereka, kemudian melakukan scanning satu sama lainnya.

Ini cukup mudah bukan, dimana Anda tidak harus lagi mengetikkan username atau nama dari orang yang Anda tuju. Terlebih jika orang tersebut berada persis disamping Anda. Fitur ini juga mudah dan sangat ringkas untuk dapat diakses. Anda dapat mengaksesnya langsung dari beberapa jendela instagram, seperti dari jendela menu atau penelusuran. Lebih jelasnya mengenai cara menggunakan aplikasi ini, bisa Anda lihat pada langkah berikut ini:

Cara Mengkases Fitur NameTag Instagram

Aplikasi dapat diakses di setiap pengguna instagram, yang perlu Anda lakukan pertama adalah pastikan aplikasi Instagram Anda merupakan versi paling terbaru yang tersedia di App Store atau Google Play Store saat ini.

Setelah itu, buka aplikasi instagram Anda, lalu alihkan ke jendela profil akun instagram Anda. Kemudian buka jendela menu di pojok kanan atas layar smartphone Anda. Tombol menu ini berupa ikon tiga titik atau ikon tiga baris seperti pada gambar dibawah ini:

Kemudian ketuk menu “NameTag” dari daftar menu yang tersedia. Nah dari jendela inilah seseorang dapat dengan mudah membuka profil akun Anda melalui fitur scanning nametag. Jadi ketika seseorang ingin mencari akun instagram Anda, cukup perlihatkan layar ini untuk dapat mereka scanning atau pemindai.

Hebatnya lagi tampilan dari fitur ini bisa Anda sesuaikan warna yang Anda inginkan dengan mengetuk layar belakang layar tersebut. Sedangkan jika Anda ingin melakukan pemindai atau scanning ke nametag seseorang, cukup ketuk menu “Scan a Nametag” dibawah layar. Lalu cukup arahkan ke layar nametag instagram seseorang.

Beberapa saat layar aplikasi Anda akan menampilkan profil instagram berdasarkan username yang Anda scan. Tampilan tersebut berupa jendela popup persegi yang menampilkan profil serta tombol untuk mengikuti dan tombol untuk melihat profil akun terkait.

Selain akses cepat dari menu profil, fitur ini juga dapat diakses melalui jendela penelusuran. Anda akan melihat ikon Nametag di pojok kanan atas layar smartphone Anda. Kemudian lakukan scanning seperti biasa.

Cukup mudah bukan?, Anda ketika Anda bertemu seseorang di jalan yang mungkin seketika Anda ingin saling ingin terhubung di instagram. Maka Anda hanya perlu mengkases fitur ini untuk saling mengikuti profil satu sama lain tanpa harus mengetikkan username masing-masing.