Animoji merupakan salah satu fitur teranyar yang hanya tersedia di smartphone Apple dengan varian X, XR, atau XS. Fitur ini hanya tersedia pada seri iphone X keatas oleh karena fitur ini menggunakan fungsi TrueDepth Camera sebagai sensor utama diatas layar iphone X.

Sensor inilah yang nantinya mendeteksi mimik dan rauk wajah pengguna iphone dan mengkonversi secara realtime menjadi gambar animasi. Dahulu, Apple memiliki niat awal meluncurkan Animoji Studio hanya untuk aplikasi entertain eksklusif di iphone X, namun seiring pemanfaatanya yang cukup banyak, akhirnya animoji semakin diikembangkan dengan kehadirannya Memoji beberapa waktu yang lalu.

Dengan kehadiran tersebut, lengkaplah pembaharuan fitur menjadi lebih baik. Meskipun saat ini hanya tersedia pada perangkat iphone dengan fitur Face ID bawaan. Animoji bahkan sering digunakan untuk membuat video lipsync di instagram.

Animoji memang memiliki fitur yang cukup mengesankan, namun sayangnya tetap saja fitur ini masih terbatas penggunaanya yakni pada varian iphone X dan sejenisnya dengan fitur face id bawaan. Bagi mereka yang menggunakan iphone 8 sekalipun tidak dapat benar-benar mendapatkan animoji di perangkatnya. Meskipun diluar sana ada banyak sekali file aplikasi IPA dari aplikasi ini, namun fitur aplikasinya tetap tidak dapat dijalankan tanpa fungsi sensor bawaan yang dibutuhkan.

Cara Mendapatkan Animoji Selain Di iPhone X

Nah untungya khusus untuk pengguna iPhone 8 atau lebih lawas (iPhone 6/7/8). Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan aplikasi alternatif yang dapat Anda install di iphone Anda. Dalam Apple App Store, tersedia dua aplikasi alternatif yang memiliki fitur serupa dengan Animoji.

Salah dua aplikasi bernama Supermoji dan yang lainnya bernama Facemoji. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang hampir serupa dengan Animoji, yakni mendeteksi mimik wajah pengguna. Hanya saja aplikasi ini tidaklah sesempurna aplikasi Animoji. Sebab kembali lagi selain iphone x dan sejenis, maka sensoris yang dapat di deteksi oleh perangkat juga terbatas. Jika di iphone x Anda bisa menirukan mimik wajah secara detail, lain halnua pada perangkat iphone 6, 7 atau 8 yang mana hanua dapat mendeteksi gerak mulut dan lidah, mata, alis. Kontur dan posisi wajah.

Namun diluar itu semua, aplikasi ini sudah cukup berguna sebagai alternatif. Kedua aplikasi ini bahkan tersedia secara gratis, meskipun salah satu dari aplikasi ini memiliki masa penggunaan dan batasan untuk pengguna berbayar. Lebih detailnya berikut 2 aplikasi alternatif animoji yang bisa Anda install di iphone x kebawah:

Supermoji – The emoji App

Aplikasi ini adalah yang paling banyak diunduh di app store untuk kategori aplikasi alternatif animoji. Hebatnya ada beberapa karakter animasi yang juga sama ditemukan di dalam aplikasi Animoji. Maka ini tentu menambah kesan layaknya menggunakan animoji pada iphone x.

Kekurangannya aplikasi ini hanya tersedia dengan masa percobaan gratis. Namun tetap bisa Anda gunakan sebagai altenatif yang gratis.

  • https://woiden.com/go/KveiE6

FaceMoji 3D Face

Aplikasi kedua inilah yang paling terbaik menurut woiden sebagai alternatif. Sebab aplikasi ini tidak hanya memiliki karakter animasi bawaan, melainkan juga memungkinkan Anda membuat karakter animasi Anda sendiri.

Sehingga anda bisa menyesuaikan karakter animasi yang menyerupai wajah Anda. Aplikasi ini tidak memiliki masa percobaan, alias gratis untuk digunakan. Lebih detailnya bisa Anda install langsung dari tautan app store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/skintT

Itulah kedua aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan pada iphone 6, 7 atau 8 Anda untuk dapat menggunakan fitur animoji studio.