Cara Menggunakan Aplikasi Tanpa Download dan Install di Android

Diposting pada

Salah satu alasan mengapa Woiden tidak bisa lepas dari menggunakan Android adalah kemampuannya untuk melakukan berbagai macam tweaks yang jumlahnya tidak terhitung. Misalnya seperti mengubah tema, ikon aplikasi, repeater dan banyak lagi.

Melihat pada acara Google I/O di tahun 2016 kemarin, dimana ada sebuah fungsi yang diperkenalkan dengan minat yang cukup banyak. Fungsi ini adalah Instant Apps atau fungsi yang memungkinkan Anda menggunakan beberapa aplikasi tertentu secara instan tanpa harus mengunduh file apknya satu persatu.

Dengan begitu Anda akan sedikitnya membebaskan sisa kapasitas memori smartphone Android Anda. Namun fungsi ini baru disadari oleh banyak orang setelah jauh dari hari pelaksanaan acara Google I/O kemarin.

Namun tidak peduli apa alasan dari kegunaanya, selama Anda menggunakan Android 6.0 atau lebih tinggi, Anda bisa mencobanya dengan menyimak penerapan dibawah ini:

Langkah 1: Aktifkan Aplikasi Instan

Pertama, Anda harus memastikan fungsi Instant App diaktifkan di telepon Anda. Jadi dari smartphone Anda, arahkan ke menu “Settings” utama smartphone Anda, lalu gulir ke bawah dan ketuk pada bagian “Google”. Jika Anda tidak menemukan menu ini, mungkin di smartphone Anda menu ini berada di aplikasi “Google Settings” yang dapat diakses melalui daftar aplikasi smartphone Anda.

Dari sini, gulir ke bawah dan ketuk “Instant Apps”. Selanjutnya, ketuk saklar/toggle di bagian atas untuk mengaktifkan fitur. Anda akan diminta dengan kotak dialog yang menjelaskan secara rinci fugnsi Instant Apps ini. Cukup pilih ” Yes, I’m in”. Sekarang Anda siap untuk mencoba Aplikasi Instan pertama Anda!

Langkah 2: Tentukan Aplikasi Instan Yang Ingin Anda Gunakan.

Aspek yang paling disayangkan dari Aplikasi Instan adalah aplikasi yang tersedia masih sedikit dengan fitur yang ada di dalamnya. Mungkin karena masih dalam masa-masa awal, namun daftarnya berkembang setiap minggu.

BACA JUGA  Cara Download dan Install Android 8.0 Oreo di Semua Smartphone

Cara termudah untuk menemukan aplikasi Instan adalah melalui Google Play Store. Saat membaca dengan teliti di Google Play Store, Anda akan melihat beberapa dari aplikasi sekarang memiliki tombol bertuliskan “Try Now” seperti gambar dibawah ini:

Ini menunjukkan bahwa aplikasi didukung untuk fungsi Instant Apps. Anda cukup ketuk tombol “Try Now”dan aplikasi akan terbuka tanpa harus Anda unduh, sehingga menghemat data seluler dan ruang penyimpanan di smartphone Anda!

Langkah 3: Kelola Data Aplikasi

Setelah menggunakan Aplikasi Instan, Aktivitas Anda akan disimpan di dalam daftar di laman Setelan/Settings Instan Google Apps yang Anda akses sebelumnya. Hal ini memudahkan untuk menghapus data aplikasi individual, atau bahkan menginstal versi lengkap aplikasi setelah kembali menggunakan koneksi Wi-Fi.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa jika seseorang mengirimi Anda tautan yang biasanya terbuka di versi lengkap aplikasi, sekarang akan terbuka di Aplikasi Instan.

Secara keseluruhan, fungsi Instant Apps cukup mengagumkan. Woiden tentu ingin melihat Google terus mendukung gagasan ini, dan lebih banyak pengembang aplikasi-aplikasi ternama. Jika sebagian besar pengembang aplikasi populer mendukung fungsi ini, pengguna dapat menghemat sebagian besar ruang penyimpanan dan mungkin tidak ada lagi yang ingin mengunduh aplikasinya langsung.

Terkait:

  • tampa download aplikasi