Apple secara eksklusif menggunakan fitur Animoji di perangkat iPhone X mereka. Terlebih nantinya pada iOS 12, mereka tengah merancangkan pengembangan AR (Argumented Reality) yang lebih mutakhir dengan ARKIT 2.0. Sehingga ini benar-benar memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan AR yang jauh lebih visualitas.

Berkat hal ini juga pengguna iPhone X kini memungkinkan untuk menggunakan fitur Animoji & Memoji mereka pada saat melakukan panggilan video atau facetime video call. Animoji dan Memoji merupakan fitur argumented reality yang memungkinkan realitas wajah Anda disesuaikan dengan animasi emo yang disediakan.

Fitur baru memoji akan memungkinkan Anda untuk melakukan kustom animoji sesuai dengan keinginan Anda, kurang lebih ini seperti fitur pelacak wajah atau filter dari snapchat dan instagram. Bahkan mungkin jauh lebih baik dengan realitas dan akurasi yang lebih tinggi.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk dapat menggunakan animoji saat panggilan video adalah Anda harus menjalankan iOS 12. Apabila Anda lebih memilih iOS versi stabil, maka Anda bisa menunggu hingga rilisan iOS 12 resmi nantinya. Namun jika Anda bersedia menggunakan iOS 12 versi Beta, maka silahkan baca artikel woiden berikut ini:

Syarat lainnya yang sudah pastinya dibutuhkan adalah perangkat iPhone X. Sebab fitur ini secara eksklusif masih tersedia di perangkat tipe ini. Mungkin kedepannya perangkat iPhone terbaru akan mendukung pula untuk waktu yang tidak ditentukan.

Cara Menggunakan Animoji & Memoji di Panggilan Video Facetime

Setelah semua kebutuhan telah dipersiapkan, maka Anda sudah bisa menjalankan fitur ini dengan baik. Pertama Anda hanya perlu menjalankan aplikasi Facetime dengan mengetuk ikon Facetime dari daftar aplikasi Anda.

Kemudian lakukan panggilan seperti biasa ke salah satu kontak yang Anda tuju. Setelah terhubung dengan kontak yang tuju, ketuk ikon bintang di bagian menu pojok bawah kiri layar. Lalu ketuk ikon “Animoji” (ikon kera) seperti gambar dibawah ini.

Nah dari sini, Anda cukup memilih beberapa daftar animoji yang dapat Anda gunakan selama panggilan video berlangsung. Seperti biasa, Anda bisa menambahkan stiker melayang selama percakapan berlangsung.