Bayangkan jika smartphone Anda akan menyesuaikan wallpaper yang berbeda-beda setiap waktu dan aktivitas tertentu yang Anda lakukan di smartphone Anda. Ini tentu amat sangat mengesankan, dibanding menggunakan live wallpaper yang dapat menguras banyak baterai.

Ini bisa Anda lakukan di semua smartphone Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengatur atau menyesuaikan wallpaper yang dapat berganti berdasarkan apa yang sedang Anda lakukan di smartphone. Langkahnya cukup mudah, Anda bahkan tidak perlu melakukan rooting apapun untuk menerapkan langkah ini. Lebih jelasnya diuraikan dibawah ini.

Langkah 1: Siapkan Beberapa Gambar Wallpaper

Sebelum Anda menerapkan fungsi ini, Anda harus menyiapkan beberapa atau setidaknya lebih dari 2 gambar yang ingin Anda jadikan wallpaper. Sebab jika hanya ada satu gambar, itu jelas tidak akan mengganti wallpaper, melainkan refresh wallpaper.

Jadi cukup menentukan beberapa yang Anda pilih, dan simpan di satu folder yang sama. Anda bisa mendapatkan wallpaper keren dari situs internet atau google yang dapat Anda download secara gratis. Sebagai tambahan bahwa sebaiknya menggunakan ukuran atau rasio dari semua gambar itu sama, dengan kata lain bahwa jika Anda menggunakan resolusi 1240x420px maka sebaiknya semua gambar memiliki resolusi tersebut. Ini tidak harus Anda lakukan, namun sebaiknya sebab beberapa gambar mungkin akan terpotong/crop jika ukuran tidak selaras dengan lainnya.

Langkah 2: Mulai Install Smart Wallpaper

Aplikasi yang Anda manfaatkan untuk mengganti wallpaper secara otomatis adalah aplikasi Smartphone Wallpaper. Aplikasi ini dapat Anda download gratis dari link Google Play Store dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.feedk.smartwallpaper

Setelah aplikasi terinstall di smartphone Android Anda. Selanjutnya cukup membuka aplikasinya dan ikuti arahan atau petunjuk layar yang ditampilkan untuk menerapkan keseluruhan agar aplikasi dapat digunakan.

Langkah 3: Menerapkan Wallpaper Otomatis

Ketika Anda membuka menu utama di aplikasi ini, Anda akan melihat berbagai daftar atau list kondisi yang dapat Anda terapkan secara otomatis. Misalnya mengganti wallpaper otomatis ketika baterai menyisakan 20% dan penerapan lainnya.

Jadi cukup memilih kondisi yang Anda inginkan dengan memilih “Select” dari samping daftar. Nah selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan penyesuaian lainnya. Ketuk tombol bar berwarna kuning, lalu Tekan “Allow” pada menu popup yang muncul di layar.

Langkah 4: Menetapkan Setelan Wallpaper

Nah selanjutnya, Anda cukup memilih wallpaper yang Anda inginkan serta kondisi detail yang Anda inginkan. Ini agar memungkinkan Anda menerapkan pergantian wallpaper secara detail sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Anda juga bisa menambahkan jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan sebagai indikator untuk mengganti wallpaper. Misalnya ketika smartphone terhubung ke jaringan wifi tertentu akan mengganti wallpaper smartphone Anda. Caranya cukup tekan tombool “+” di sisi kanan layar smartphone Anda. Kemudian pilih jaringan Wifi yang terdaftar di smartphone Anda. Kemudian kaitkan gambar yang Anda inginkan untuk digunakan sebagai pergantian wallpaper yang dituju.

Selain itu, untuk mengaktifkan Smart Wallpaper ini cukup memilih “Activate” dari menu di atas layar, kemudian pilih “Set Wallpaper” pada menu berikutnya. Nah kedepannya, ketika smartphone Anda berada di kondisi tertentu sesuai yang Anda pilih akan merubah wallpaper secara otomatis.