Cara Mengganti Negara/Wilayah Akun di Google Play Store

Diposting pada

Google Play Store sangatlah mudah untuk digunakan, dimana Anda hanya perlu menelusuri aplikasi yang ingin Anda inginkan, dan menekan satu tombol “install” dan semua proses akan ditangai oleh play store secara otomatis.

Sejauh ini sebagian besar pengguna Android hampir ketergantungan dengan adanya Google play store. Tanpa play store akan amat ribetnya untuk memiliki aplikasi di perangkat. Namun terkadang beberapa aplikasi yang kita inginkan di play store, itu dibatasi oleh penggunaan akses setiap negara tertentu. Misalnya ada sebuah aplikasi yang hanya diperuntukan untuk pengguna di Amerika, maka pengguna Indonesia, tidak bisa menginstall aplikasi tersebut.

Nah inilah yang dinamakan batasan wilayah akun pengguna. Jadi aplikasi memang dibatasi, ini biasanya dilakukan untuk aplikasi portal berita lokal. Namun tidak menutup kemungkinan untuk aplikasi yang masih dalam tahap launching.

Lalu bagaimana jika kita tetap ingin mendapatkan aplikasi yang dibatasi tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, selain dengan menginstall aplikasinya secara manual dengan file APK yang Anda unduh melalui internet, Anda juga bisa mengganti negara akun Play store Anda dan inilah yang paling mudah untuk diterapkan. Jadi Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Mengganti Negara Akun Google Play Store.

Sama seperti pada gambar langkah diatas, Anda hanya perlu mengikuti langkah mudah seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Google play store Anda
  2. Kemudian alihkan ke Menu “Account” di sebelah kiri layar.
  3. Kemudian pilih “Country and profiles”.
  4. Nah dari sini, Anda hanya perlu memilih kategori Negara.

Setelah itu Anda akan melihat pesan konfirmasi untuk perubahaan. Cukup mengiyakan pesan tersebut dan setelah itu Anda bebas untuk menginstall aplikasi apa saja yang ingin Anda install sesuai dengan ketentuan batasan negara aplikasi tertentu lainnya.

BACA JUGA  Cara Download Video Youtube Di iOS iPhone Tanpa Jailbreak

Harus Anda ketahui bahwa opsi ini mungkin tidak akan muncul disemua perangkat Android. Opsi ini kemungkinan hanya muncul, jika perangkat mendeteksi IP yang digunakan berbeda dengan IP negara tempat Anda berada saat itu. Jadi semisal, akun Anda pertama kali di buat di amerika, dan anda kembali ke Indonesia, maka IP yang digunakan kemungkinan juga akan berbeda. Nah perbedaan inilah yang terdeteksi untuk memungkinkan perangkat Anda untuk mengganti negara akun.

Namun jangan khawatir, karena ini bisa di akali dengan membuat akun negara berbeda atau dengan menggunakan layanan proxy atau VPN. Penerapnnya bisa Anda lihat pada artikel woiden lainnya.