Sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan berbasi internet yang populer saat ini, membuat whatsapp tiada henti melakukan pengembangan. Berbagai pengembang fitur yang dilakukan terus dilakukan demi memberikan kenyamanan penggunanya.

Salah satu pengembang fitur yang dilakukan oleh whatsapp adalah opsi yang memungkinkan pengguna mengganti nada dering atau suara notifikasi setiap kali ada pemberitahuan berupa pesan atau panggilan yang masuk. Opsi fitur ini cukup baik karena memungkinkan setiap individu yang berbeda-beda karakteristik dan minat itu cukup dapat menyesuaikan aplikasi mereka sesuai dengan preferensi pribadi mereka masing-masing.

Hebatnya lagi opsi fitur ini dapat diterapkan disemua jenis perangkat yang didukung seperti Apple iOS dan Android yang notabene juga sebagai salah dua perangkat terbanyak digunakan. Selain itu fitur ini bahkan dapat disesuaikan tanpa aplikasi tambahan apapun. Dengan begitu, siapapun pengguna whatsapp bisa langsung menyesuaikan nada dering saat ini juga. Selama mereka menggunakan aplikasi dengan versi paling terbaru.

Penerapannya-pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyesuaikan dari jendela setelan notifikasi di dalam aplikasi atau lebih detailnya seperti pada langkah berikut ini:

Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi WhatsApp

Seperti yang diterangkan sebelumnya, bahwa untuk mulai menerapkan ini Anda hanya perlu memastikan aplikasi whatsapp yang Anda gunakan merupakan versi paling terbaru. Setelah Anda yakin Anda memiliki aplikasi yang tepat, silahkan Anda buka aplikasi Anda kemudian arahkan ke jendela Settings.

Pada perangkat Android, Anda cukup ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar aplikasi. Kemudian ketuk pilihan “Settings”. Dari jendela settings, ketuk pilihan “Notifications”. Nah dari jendela inilah Anda dapat menyesuaikan nada dering, jadi cukup ketuk pilihan “Notification Tone” tepat dibawah menu Message Notifications.

Sedangkan dari perangkat Apple iOS, Anda cukup ketuk pilihan “Settings” atau ikon roda gigi di bagian menu paling bawah kanan di layar aplikasi. Kemudian ketuk pilihan “Notifications”, lalu sesuai nada dering dari menu “Sound” yang tersedia.

Aplikasi whatsapp menyediakan beberapa nada dering cadangan yang bisa Anda terapkan. Sehingga ketika Anda ingin mengubah suara pemberitahuan, maka Anda akan disajikan beberapa pilihan suara yang tersedia. Anda cukup memilih salah satu yang Anda inginkan.

Khusus untuk perangkat Android atau aplikasi whatsapp hasil modifikasi, Anda bisa mengubah suara notifikasi sebebas mungkin dengan memilih file suara  yang tersedia di smartphone Anda secara manual sehingga Anda bisa mengatur suara pemberitahuan apapun yang Anda inginkan. Untuk menggunakan aplkasi modifikasi whatsapp, bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut:

Selebihnya terdapat benerapa fitur tambahan untuk aplikasi modifikasi yang juga dapat Anda gunakan. Namun semua diluar yang dibahas kali ini, bisa Anda ulik secara mandiri sesuai dengan keinginan Anda.