Sama seperti pada perangkat lainnya, tidak terkecuali komputer ataupun smartphone yang dimana biasanya memiliki satu folder download yang menampung semua file yang telah di Download. Satu sisi ini memang sangat bermanfaat, dimana Anda tidak perlu lagi menetapkan folder setiap kali ingin mengunduh sesuatu dari internet melainkan langsung dengan mengakses folder download ketika unduhan file telah selesai.

Namun sayangnya folder download di Android ini diterapkan secara default yang dimana cenderung sulit untuk diubah tanpa melakukan modifikasi tertentu. Namun jika Anda benar-benar inginĀ  mengubah letak folder download yang berbeda. Entah mungkin misalnya Anda ingin mengubah nama folder atau folder download sudah terlalu banyak. Apabila itu adalah salah satu alasan Anda, maka silahkan ikuti langkah dibawah ini:

Cara Mengubah Letak Folder Download Android

Sayangnya untuk mengubah folder Download default bawaan Android, Anda harus melakukan rooting untuk dapat mengakses system file yang menetapkan lokasi folder ini. Jika Anda belum melakukan rooting, silahkan menerapkan artikel woiden berikut:

  • https://woiden.com/rooting

Selain itu, Anda membutuhkan aplikasi file manager seperti Root Explorer atau ES File Managaer. Salah satu aplikasi ini bisa Anda download gratis dari Googla Play Store berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.speedsoftware.rootexplorer&hl=in
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.estrongs.android.pop&hl=in

Setelah Anda melakukan dua langkah kebutuhan diatas, silahkan akses folder “Root” melalui aplikasi file manager. Kemudian tekan menu “My File”.

  1. Setelah jendela baru terbuka, tepatnya pada bagian pojok kanan atas. Ketuk ikon empat garis horisontal. Kemudian dari menu ini, ketuk tombol “Settings/Setelan”.
  2. Gulir kebawah hingga Anda menemukan menu “Select Directories” dari menu sebelah kiri. Kemudian ketuk “Set Home Directory”.
  3. Nah dari jendela berikutnya yang muncul, silahkan pilih folder yang ingin Anda tetapkan sebagai folder Download default di smartphone Android Anda.
  4. Setelah menetapkan, ketuk tombol “Done” atau “Selesai”.

Pada tahap setelahnya, semua file yang Anda download akan dialihkan ke folder yang baru saja Anda tetapkan. Lakukan hal serupa jika Anda ingin mengganti folder yang berbeda lagi. Mungkin itu saja yang dapat di uraikan pada artikel kali ini. Apabila ada pendapat atau pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan berkomentar dibawah.