Cara Mengganti IMEI Android Qualcomm

Diposting pada

Semua perangkat elektronik memiliki kode unik untuk mengidentifikasi atau identitas tersendiri dari sebuah perangkat elektronik itu tersebut. Terkhusus pada perangkat smartphone Android, seperti yang kita tahu bahwa setiap perangkat smartphone atau tablet Android itu memiliki kode unik yang disebut denga IMEI. Kode inilah yang digunakan untuk menganalisis system dan perangkat keras dari sebuah perangkat smartphone.

Kode ini sangat vital alias memiliki peranan penting untuk proses identifikasi. Maka, sangat tidak dianjurkan bahkan kecil kemungkinan untuk mereka dapat mengubah imei perangkat smartphone mereka. Namun itu bukanlah mustahil, ada beberapa cara yang satu yang diklaim mampun membuat sebuah perangkat dapat berganti imei, khususnya pada perangkat Android dengan chipset Qualcomm seperti beberapa perangkat tipe samsung atau xiaomi redmi dan lainnya. Lebih jelasnya mengenai cara mengganti imei atau id device android qualcomm, bisa dilihat dibawah ini:

Kebutuhan:

  • Perangkat telah di root (https://woiden.com/rooting)
  • Telah menginstal Xposed Framework (hanya jika Anda menggunakan Android 5.0 Lollipop keatas, jika dibawahnya. Maka langkahi saja)
  • Xposed Installer
  • Aplikasi Device ID Changer (https://woiden.com/go/vXYHWZ) atau IMEI Changer ( https://woiden.com/go/LXcwjh). Pilih salah satunya)

Langkah mengubah ID Device / IMEI Android

  1. Pasang Xposed Installer di perangkat Andrid Anda
  2. Pada tampilan depan, pilih “Framework”. Kemudian klik “Install/Update.
  3. Smartphone Anda akan reboot dengan sendirinya, dan ini wajib dilalui.
  4. Install Aplikasi IMEI Changer atau Device ID Changer. Setelah install jangan dibuka dulu.
  5. Buka Kembali Xposed Installer, kemudian pilih “Modules”.
  6. Centang untuk pilihan “IMEI Changer” atau “Device ID Changer”.
  7. Smartphone Anda akan restart atau reboot kembali dengna sendirinya, dan ini wajib Anda lalui.
  8. Buka aplikasi IMEI Changer atau Device ID Changer.
  9. Anda akan melihat IMEI Asli perangkat Anda, Ini wajib Anda catat atau backup untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.
  10. Setelah Anda simpan atau catat imei asli Anda, maka Anda sudah bisa menetapkan imei atau id device baru.
  11. Anda juga bisa melakukan generate imei atau id device secara acak.
  12. Jangan lupa untuk menyimpannya.
BACA JUGA  Cara Mudah Menyembunyikan Daftar Teman Facebook

Setelah itu Anda sudah berada pada imei atau id device baru di perangkat Android Anda. Ini tentu sangat berguna untuk berbagai keperluan di android. misalnya untuk mengelabui pembuatan akun instagram atau sosial media lainnya yang dibatasi oleh satu perangkat. Atau mungkin untuk mengelabui layanan yang ingin gunakan namun terkedala batasan pengguna. Kembali lagi bahwa woiden tidak menyarankan Anda  melakukan ini. Namun untuk keperluan dan tujuan penting dan tanggung jawab sendiri, itu silahkan saja.

Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada masukan mengenai artikel cara mengganti imei ini. Silahkan tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar yang tersedia atau melalui contact form jika ada sesuatu yang mendesak.

Terkait:

  • chamelephon snapdragon
  • ganti imei snapdragon
  • recoveryimei snapdragon

11 komentar.

  1. Gan.. Di hp saya kok xposed frameworksnya ga bisa di install/update ya ?

    Bacaannya gini “Xposed is not (yet) compatible with Android SDK version 25 or your processor architecture (arm64-v8a)

    Saya pake hp Asus zenfone 4 max..
    Solusinya apa ya kira kira ?

    1. Kemungkinan, Xposednya gk sesuai sama hpnya mas. OSnya Android Nougat kah?
      Kebanyakan kasus, Android nougat harus flashing manual xposed frameworknya lewat mode recovery. filenya bisa di download disini https://woiden.com/go/iTnJRg kalau hp masnya SDK 25/arm64 pilih yang sesuai. kalau kurang yakin sama architecture hpnya coba download aplikasi CPU-Z di google play store. Aplikasi ini bisa lihat processor, jenis arm, dan informasi spek hp lainnya.
      Selebihnya untuk cara flashingnya xposednya seperti ini mas:
      1. pindahkan file xposed zip yang sudah di download ke SD Card (kartu memory) hp masnya.
      2. masuk ke mdoe recovery (twrp/cwm) – https://woiden.com/cara-install-custom-recovery-cwm-dan-twrp-di-android/
      3. pilih install
      4. cari file zip xposed yang sebelumnya masnya download
      5. kalau sudah nemu, mulai flashing dengan geser pilihan “Swipe to confirm flash”
      6. setelah berhasil (ditandai text “…done”)
      7. pilih “Wipe Cache/Dalvik”.
      8. reboot hpnya, kemudian coba lihat di xposed installernya.
      kurang lebih seperti itu mas

  2. Misi om hp sya xperia gx so-04d dalam kondisi lock sinyalnya…apkah dengan mengganti imei bisa jdi unlock ya sinyalnya???terima kasih…

    1. Setau saya bisa gan untuk install root magisk melalui custom recovery TWRP gan. tapi filenya juga yang sesuai untuk tipe dan processor hp agan.

  3. Saya sudah pernah merubah id changer hp saya, tp sayang tidak saya catat sebelumnya, pertanyaan saya apakah bisa di kembalikan lagi id changer yg original? tp untuk emei tidak saya rubah, saya pakai andromax a, mohon penjelasanya mas.

    1. perkara yang sulit memang kalau id awal perangkat terlupakan atau hilang karena id device memang sifatnya acak dan tersembunyi, tidak serupa dengan imei yang sifatnya tetap untuk setiap perangkat dan mudah terlihat. Namun alangkah baiknya, Agan bisa lihat box hp agan atau dibelakang baterai (jika hp agan mendukung removable battery) apabila beruntung mungkin 16 alphanumeric bawaan hp agan dicantumkan disana.

      Alternatifnya jika agan sebelumnya mengubah id device melalui aplikasi, biasanya aplikasi itu menyimpan backup catatan id device sebelumnya. Jadi cukup recover melalui aplikasi itu sendiri atau agan juga bisa jelajah satu persatu ke folder dcim atau rooting aplikasi id device changer yang digunakan. File itu biasanya berformat note atau non-support untuk android, jadi agan harus buka melalui fungsi open as text editor.

  4. Kalo imei nya null alias hilang…. bisa di create barukah mas.???
    Hp Samsung Note 3 sm n9005 snapdragon.

  5. Bang kalau imei sy ubah trus buat order gojek atau grab bisa kedeteksi sistem tidak ya, soalnya dr ops ojol yg bikin kedetect imeinya

Comments are closed.