Sejak bawaan perangkat iphone, beberapa font sudah siap untuk digunakan dalam perangkat. Beberapa font bawaan termasuk dalam paket system operasi ios yang digunakan. Sehingga tidak mungkin jika sebuah system operasi tidak memiliki font bawaan yang ditanamkan dalam sebuah perangkat lunak mereka.

Termasuk dengan iOS 13 pada perangkat iphone dan ipad. Dahulu pada perangkat dengan system operasi yang sangat lawas, itu tidak memungkinkan untuk menambah ataupun mengubah font yang sudah ada disediakan dalam perangkat. Hebatnya pada pembaharuan ios 13 ini, Anda bahkan dapat menginstall berbagai font tambahan yang bisa Anda dapatkan melalui App Store ataupun layanan aplikasi pihak ketiga.

Tidak perlu melakukan jailbreak atau menggunakan komputer sebagai media instalasi. Anda bahkan dapat melakukanya langsung dari perangkat iphone atau ipad Anda. Selama perangkat Anda terhubung dengan internet, Maka Anda bebas untuk mengunduh dan menginstall font yang sangat sesuai dengan prefensi Anda.

Aplikasi Apa Saja Yang Mendukung Font Pihak Ketiga?

Sayangnya tidak semua aplikasi yang ada di iphone mendukung untuk menampilkan font terbaru yang Anda install. Ada beberapa aplikasi yang mungkin akan mengalami crash ketika Anda menginstall font baru dan menjalankan salah satu aplikasi.

Pada kebanyakan kasus, aplikasi yang tidak mendukung seperti aplikasi Email/Mail, Pages, dan beberapa lainnya. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk mencoba. Hanya saja ketika terjadi kesalahan atau crash tiba-tiba, Anda bisa mengubahnya kembali seperti semula atau menemukan salah satu yang sangat sesuai dengan semua aplikasi yang Anda di iphone Anda.

Cara Install Font Tambahan Sendiri di iPhone iOS 13

Perlu Anda ketahui bahwa tidak seperti Android yang dapat mengunduh dan menginstall font apapun dari internet web browser. Pada iphone dengan ios 13 Anda tidak dapat melakukannya sama sekali. Hanya melalui aplikasi, Anda dapat menambahkan font yang sesuai.

Anda bisa mendapatkan aplikasi font melalui Apple App Store atau layanan aplikasi pihak ketiga seperti iosninja dan sebagainya. Namun yang paling disarankan Anda sebaiknya menggunakan aplikasi yang tersedi di App Store. Salah satu aplikasi font yang bisa Anda gunakan dan tersedia pula di App Store adalah Free Font Diner yang bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/YtJKEM

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Apple App Store. Cukup ikuti tautan diatas melalui safari web browser iphone Anda untuk diarahkan langsung ke jendela instalasi app store di iphone Anda. Jika dirasa aplikasi tersebut tidak cukup banyak menyediakan font yang sesuai dengan harapan Anda. Maka Anda bisa mencoba aplikasi FondFont sebagai alternatifnya. Aplikasi ini juga tersedia di app store atau ketuk tautan dibawah ini dari safari web browser iphone Anda:

  • https://woiden.com/go/Bqvxrm

Tidak ada langkah tambahan yang rumit untuk mulai menginstall font di iphone Anda. Anda cukup menjalankan aplikasi font tersebut di perangkat Anda. Kemudian cari salah satu font yang ingin Anda install di perangkat Anda. \

Ketuk contoh font tersebut dan beberapa saat kemudian sebuah popup instalasi akan tampil ditengah layar iphone Anda. Ketuk “Install” untuk mulai menamabhkan font kedalam iphone Anda.

Font Baru iOS 13 - Woiden

Anda dapat mengkonfirmasi perubahaan font ini melalui pengaturan iphone Anda atau arahkan ke menu “Settings” -> “General” -> “Font”.

Cara Mengembalikan Font iOS 13 Seperti Semula

Anda mungkin sudah bosan dengan font yang Anda gunakan, atau mungkin Anda ingin memindahtangankan iphone Anda ke orang lain. Maka tentu Anda harus mengembalikan perangkat Anda seperti sediakala, termasuk dalam hal ini adalah font utama yang digunakan.

  1. Tidak sulit untuk mengembalikan font yang telah terinstall di perangkat Anda. Cukup arahkan ke “Settings” -> “General” -> “Font”.
  2. Pada daftar Fonts yang ada, ketuk tombol “Edit”.
  3. Lalu pilih beberapa daftar atau semua font yang ingin Anda hapus.
  4. Ketuk pilihan “Remove” yang berada dibawah layar untuk mulai menghapus dan mengembalikan seperti semula.

Sangat mudah seseorang menambahkan font di iphone mereka. Kini ios 13 tidak lagi membatasi tweaks-tweaks sederhana yang kemungkinan besar diharapkan oleh penggunanya. Termasuk dalam hal ini penggunaan font tambahan diluar yang telah disediakan sejak bawaan. Hanya saja penerapannya yang lebih aman namun sedikit merepotkan.